Home > Timnas Indonesia > Video, Lemparan Jauh Bek Timnas U-19 Indonesia Yang Mematikan

Video, Lemparan Jauh Bek Timnas U-19 Indonesia Yang Mematikan

Timnas U-19 Indonesia baru saja mengadakan pertandingan uji coba kelima di Kroasia pada Minggu (20/9/2020). Dalam pertandingan melawan timnas U-19 Qatar itu, tim Garuda Nusantara harus puas bermain imbang dengan skor 1-1.

Gol Indonesia dicetak oleh Saddam Gaffar pada menit ke-61, sedangkan gol Qatar dicetak oleh Altairi (88′) lewat titik putih. Pada pertandingan itu, bek kiri timnas U-19 Indonesia, Pratama Arhan, akhirnya berhasil membuktikan kalau lemparan jauhnya bisa menjadi senjata mematikan bagi pasukan Shin Tae-yong.

Seperti diketahui, Saddam Gaffar berhasil mencetak gol pembuka setelah menanduk umpan yang berasal dari lemparan jarak jauh Pratama Arhan. Hal itu bisa dilihat dari video di bawah ini.

View this post on Instagram
. . . margin-left: 2px;">

A post shared by PSSI (@pssi) on

Sebelumnya, lemparan jarak jauh milik bek PSIS Semarang itu memang diprediksi bisa menjadi senjata mematikan bagi timnas U-19 Indonesia saat melakukan serangan. Pada pertandingan pertama melawan Qatar, Kamis (17/9/2020), Arhan tercatat melakukan upaya lemparan jarak jauh sebanyak enam kali.

Pada pertandingan kedua melawan Qatar semalam Arhan juga melakukan lemparan jarak jauh sebanyak lebih dari enam kali. Selain peluang yang berbuah gol pada menit ke-61, Arhan juga sempat memberikan ancaman lewat lemparan jarak jauh pada awal babak pertama.

Sayangnya, tandukan Saddam Gaffar di babak pertama masih bisa diantisipasi oleh kiper timnas U-19 Qatar. Karena kepiawannya dalam melakukan long throw-in, Arhan sempat disandingkan dengan legenda Stoke City, Rory Delap. Rory Delap adalah sosok yang terkenal sebagai pemilik lemparan jarak jauh paling fenomenal di Liga Inggris.

Salah satu lemparan jarak jauh terbaiknya terjadi saat Stoke City dikalahkan Everton dengan skor 2-3 pada 14 September 2008. Dua gol Stoke City saat itu berasal dari assist Delap yang keduanya bermula dari lemparan jauh andalannya. Saking legendarisnya, kemampuan lemparan ke dalam Delap bahkan dijadikan topik disertasi oleh seorang mahasiswa University of Aberdeen, Skotlandia.

Timnas U-19 Indonesia akan kembali mengadakan pertandingan uji coba melawan Bosnia Herzegovina pada Jumat (25/9/2020). Setelah itu, Bagas Kaffa dkk akan menjalani pertandingan uji coba pamungkas selama berada di Kroasia melawan Dinamo Zagreb pada Senin (28/9/2020). Seluruh pertandingan itu akan disiarkan secara langsung di Net TV dan Mola TV.

x

Check Also

Diego Michiels Sebut 40 Tahun Lagi Timnas Indonesia Belum Bisa Menembus Piala Dunia

Jakarta – Timnas Indonesia kalah tipis dengan skor 0-1 pada laga uji coba kontra Afghanistan, ...