Home > Timnas Indonesia > Turnamen di Kroasia, Shin Tae-yong Tak Menuntut Timnas Indonesia U-19 Menang

Turnamen di Kroasia, Shin Tae-yong Tak Menuntut Timnas Indonesia U-19 Menang

Shin Tae-yong mengatakan kalau saat ini para pemain timnas U-19 Indonesia masih berproses untuk meningkatkan fisik. Oleh karena itu Shin Tae-yong belum memasang target untuk timnas U-19 Indonesia. Shin Tae-yong masih terus mendorong fisik timnas U-19 Indonesia dengan memberikan porsi tiga kali latihan dalam sehari.

Walau baru lima hari di Kroasia, mantan juru racik timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu menerapkan latihan yaitu, pagi pukul 10.00, lalu sore 16.00, dan malam hari 21.00 waktu setempat. Pada hari pertama sampai di Kroasia, Bagas Kaffa dan kawan-kawan hanya menjalani latihan ringan.

Tapi, saat ini Shin Tae-yong mengatakan kalau materi latihan untuk timnas U-19 Indonesia adalah latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan stamina. Oleh karena itu intensitas latihan terus ditingkatkan setiap minggunya. Apalagi para pemain akan segera menghadapi mini turnamen dengan melawan tim tuan rumah Kroasia, Bulgaria, dan Arab Saudi.

“Tim saat ini masih berproses. Latihan fisik dengan intensitas tinggi,” kata Shin Tae-yong.

Timnas U-19 Indonesia diagendakan akan lebih dulu menghadapi Bulgaria pada 5 September mendatang. Setelah itu tim tuan rumah Kroasia pada 8 September dan 11 September mendatang menghadapi Arab Saudi pada ajang Internasional U-19 Friendly Tournament 2020 itu.

Tapi dalam agenda itu, ternyata tim timnas U-19 Indonesia tidak ditargetkan untuk menang oleh Shin Tae-yong. Menurut pelatih asal Korea Selatan itu saat ini yang terpenting baginya adalah perkembangan untuk anak asuhnya bukan hasil.

“Jadi kami tidak mengincar kemenangan pada pertandingan uji coba nanti. Kami melihat sejauh mana perkembangan pemain,” katanya.

Tidak berbeda dengan sang juru taktik berusia 52 tahun itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga . . . . . . mengatakan kalau memang tidak ada target untuk timnas U-19 Indonesia.

Pada dasarnya pemusatan latihan (TC) dan mini turnamen yang akan diikuti oleh timnas U-19 di Kroasia itu untuk persiapan menghadapi Piala Asia U-19 2020, yang akan bergulir di Uzbekistan, 14-31 Oktober mendatang. Itu kenapa tidak terlalu penting untuk hasil yang akan didapatkan para pemain, karena mereka juga bekerja keras.

“Latihan di Kroasia berjalan keras dan sampai ada pemain yang cedera dan pingsan saat digenjot fisiknya,” kata Mochamad Iriawan.

Tidak lupa pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengharapkan agar masyarakat Indonesia terus mendukung timnas U-19 Indonesia. Bahkan ia mengingatkan agar tidak membebani skuad timnas U-19 kalau nanti hasilnya kurang memuaskan karena itu adalah sebuah proses untuk menuju Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021.

“Jadi kami harap masyarakat dan pendukung timnas Indonesia sabar terlebih dahulu jika mana nanti hasil uji coba kami tidak meraih kemenangan,” kata Iwan Bule.

Di sisi lain, skuad timnas U-19 juga sudah dinanti untuk melakukan pertandingan uji coba melawan Qatar, Bosnia, Herzegovina, dan Dinamo Zagreb selama berada di Kroasia. Dan TC timnas U-19 Indonesia di Kroasia juga dijadwalkan akan berlangsung sampai akhir September mendatang.

x

Check Also

Menang Atas Myanmar, Shin Tae-yong Nilai Timnas Indonesia Masih Buat Kesalahan

Jakarta – Timnas Indonesia menang dengan skor telak 4-1 pada laga uji coba kontra Myanmar, ...