Home > Berita Liga Inggris > Liverpool > Sulit Dikalahkan di Kandang, Apa Rahasia Liverpool ?

Sulit Dikalahkan di Kandang, Apa Rahasia Liverpool ?

Kemenangan seolah telah digaransikan saat Liverpool tampil di kandang kebanggaannya, Anfield. Tidak tanggung-tanggung, mereka berhasil memennangkan 37 dari 40 pertanding kandang Premier League yang sudah dilalui. Tanggal 23 April 2017 menjadi kali terakhir Liverpool menelan kekalahan di Anfield.

Tepatnya saat the Reds dipertemukan dengan Crystal Palace dan harus bertekuk lutut di hadapan dua gol Christian Benteke. Torehan tanpa kekalahan itu berlanjut saat mereka bertemu Leeds United di pekan perdana Premier League 2020/21. Mohamed Salah dkk sukses menjadi pemenang dengan skor tipis 4-3.

Total 114 poin berhasil mereka raup dari 120 angka yang memungkinkan untuk diraih. 37 kemenangan sukses diraih, sementara tiga dari 40 pertandingan yang tersisa selesai dengan kedudukan imbang. Setidaknya dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, hanya Liverpool yang mampu mencatatkan rekor impresif seperti ini.

Dan itu tidak bisa lepas dari racikan strategi sang pelatih, Jurgen Klopp. Tapi Klopp sendiri tidak pernah mengharapkan itu. Yang dilakukan oleh dirinya beserta tim hanya berusaha untuk meraih kemenangan, tanpa memikirkan angka-angka yang bisa mereka raih.

“Satu-satunya momen saya memikirkan soal angka itu adalah saat seseorang bertanya soal itu dan setelah saya menjawabnya, saya melupakannya dengan segera dikarenakan saya sangat tidak tertarik,” katanya.

“Kami melakukan apa yang seharusnya. Kami mencoba untuk memenangkan . . . . . . pertandingan dan kami melakukannya di markas sendiri dalam situasi yang berbeda, di malam hari, pada saat makan siang, dengan suporter, tanpa suporter,” katanya.

Klopp bahkan tidak memiliki siasat, strategi, ataupun resep rahasia untuk bisa meraih pencapaian gemilang seperti ini. Karena dalam setiap pertandingan, mereka tidak pernah menetapkan harapan yang muluk-muluk.

“Ini adalah kandang kami dan kami merasa sangat baik di sana, tapi tidak ada resep rahasia seperti itu – kami tidak berharap kalah tapi tidak berharap menang juga,” kata pria berkebangsaan Jerman itu.

“Hanya saja kami tahu kalau kami harus bekerja dan kami ingin menjadi pantas untuk meraih tiga angka, itu yang kami inginkan. Sebatas itu, kurang lebih,” katanya.

Liverpool berpeluang melanjutkan torehan bagus itu pada hari Selasa (29/9/2020). Tapi, mereka mendapatkan tantangan berat karena harus berhadapan dengan Arsenal yang sedang bangkit belakangan ini.

x

Check Also

Thiago Alcantara

Liverpool Siap-Siap Berpisah Dengan Thiago Alcantara Yang Akan Kembali Bela Barcelona

Liverpool – Liverpool sepertinya akan segera berpisah dengan salah satu gelandangnya Thiago Alcantara yang baru ...