Home > Timnas Indonesia > Shin Tae-yong, Mengapa Timnas U-19 Indonesia Kalah Telak di 2 Laga Ujicoba ?

Shin Tae-yong, Mengapa Timnas U-19 Indonesia Kalah Telak di 2 Laga Ujicoba ?

Timnas Indonesia U-19 dibantai dalam 2 pertandingan uji coba di Eropa, apa yang sebenarnya dilakukan oleh pelatih Shin Tae-yong? Seorang pengamat sepak bola Indonesia, Binder Singh mencoba untuk menganalisis tentang apa yang sebenarnya dilakukan Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia dibantai Bulgaria (0-3) dan Kroasia (1-7).  Secara gamblang ia mengatakan ada perbedaan strategi dalam 2 pertandingan itu.

“Jadi di sini saya melihat strateginya di first game adalah bertahan secara dalam. Jadi mereka betul-betul bertahan, semua pemain yang di tengah juga ikut bertahan, para penyerang bermain sedikit di tengah ,” kata Binder Singh dalam channel Youtube, Bola Bung Binder.

Hasil dari strategi itu sejatinya cukup sukses di mana Timnas Indonesia U-19 sempat menahan imbang Bulgaria sampai menit ke-75. Tapi sayang memang fokus dan konsentrasi yang menurun pada akhirnya membuat Timnas Indonesia U-19 dibantai Bulgaria.

“(Lalu) Kita lihat melawan kroasia, Timnas Indonesia U-19 sebenarnya juga bertahan tapi tidak bertahan total seperti di first game melawan Bulgaria, jadi itu perbedaannya,” katanya.

Sementara itu di pertandingan melawan Kroasia yang kualitasnya di atas Bulgaria, memang terlihat Timnas Indonesia U-19 bermain bertahan juga. Tapi Timnas Indonesia U-19 juga . . . . . . lebih berani untuk melakukan penyerangan tidak seperti melawan Bulgaria yang bertahan total.

Lebih lanjut, Binder Singh juga menyoroti bagaimana susunan pemain dalam pertandingan melawan Bulgaria dan Kroasia tidak mengalami perbedaan mencolok. Hal itu dilakukan karena Shin Tae-yong agar bisa walau itu tidak bisa instan.

“Oleh karena itu, cara pendekatan Shin Tae-yong adalah untuk melakukan segala sesuatunya step by step. Pertama tentu dari menu fisik, kedua saya kira dari cara bertahan dan ketiga nantinya dari cara menyerang,” katanya.

Harapannya tentu dari Binder Singh adalah kalau ketiga step itu sudah dijalani maka kekuatan sebenarnya Timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong akan keluar nantinya. Timnas Indonesia U-19 sendiri akan melanjutkan uji coba dengan melawan Arab Saudi.

 

x

Check Also

Shin Tae-yong Ingin Empat Pemain Dinaturalisasi, Ini Tanggapan Menpora

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengaku sudah mengetahui perihal adanya permintaan ...