Home > Berita Liga Inggris > Chelsea > Sempat Menganggur, Edouard Mendy Kini Gabung Klub Raksasa

Sempat Menganggur, Edouard Mendy Kini Gabung Klub Raksasa

London – Chelsea baru saja mengumumkan rekrutan anyar mereka, mantan kiper Rennes, Edouard Mendy, pada Kamis (24/9/2020).

Kiper berusia 28 tahun ini ditebus dengan harga 20 juta pounds.

Mendy dikabarkan akan menggantikan posisi Kepa Arrizabalaga yang akhir-akhir banyak membuat kesalahan di bawah mistar gawang.

Penampilan Mendy saat membela Rennes di musim lalu membuat Chelsea tertarik untuk mendatangkannya ke Stamford Bridge. Kiper Timnas Senegak ini mencatatkan 78,4 persen penyelamatan yang merupakan terbaik ketiga di Liga Prancis pada musim lalu.

Meski saat ini Mendy bergabung bersama klub raksasa sekelas Chelsea, namun perjalanan karir yang ditempuh Mendy tidaklahmudah. Mendy bahkan sempat menjadi pengangguran di Prancis.

Mendy memulai kariernya pada 2011 lalu dengan bergabung bersama Cherbourg, tim divisi tiga Prancis. Nasib kurang beruntung bersama Mendy karena Cherbourg terdegradasi dua kali secara beruntun dimulai pada musim 2013/2014 hingga kontrak Mendy harus diputus.

Setelah itu Mendy sempat dijanjikan oleh seorang agen untuk bergabung bersama klub League One (kasta ketiga Liga Inggris). Namun jaji tersebut ternyata janji palsu padahal ia rela menolak tawaran dari klub Prancis karena ingin bermain di Inggris.

Peristiwa ini membuat Mendy memutuskan untuk kembali ke Le Havre tanpa pekerjaan dan tanpa penghasilan. Di usianya yang masih 22 tahun Mendy bahkan sempat mendaftar ke Pole Emploi, sebuah badan sosial yang mengurusi pengangguran di Prancis dengan membantu para pengangguran mencari pekerjaan dan memberi mereka bantuan keuangan.

Di saat Mandy berada di titik nol, mantan rekan setimnya di Cherbourg, Ted Lavie, membantu mempertemukan Mendy dengan Dominique Bernatowicz, . . . . . . penanggung jawab penjaga gawang di akademi Olympique Marseille, pada 2015 lalu.

Mendy kemudian bergabung bersama Marseille untuk trial. Melihat kemampuan Mendy di bawah mistar gawang, Marseille kemudian tertarik untuk mengontrak Mendy selama satu tahun sebagai kiper keempat.

“Trialnya sangat bagus. Dia sangat mentah tapi saya segera bisa melihat kualitasnya. Dia sangat lentur dan bisa terbang menepis bola dengan mudah,” ungkap Bernatowicz, mengenang Mendy.

Dari sanalah awal karir Mendy terus bersinar. Setelah itu Mendy bergabung bersama Reims yang masih berada di Ligue 2 pada musim panas 2016, dan menjadi kiper utama untuk Reims di musim 2017/2018.

“Saat pertandingan di musim pertama, pelatih harus memainkannya karena kiper nomor satu menerima kartu merah,” kata mantan rekan setim Mendy di Reims, Danilson da Cruz.

“Dan hari itu, dia tampil dengan sangat, sangat baik. Sebagai kiper nomor dua, ia bahkan punya pola pikir layaknya seorang pemimpin dan sangat vokal di ruang ganti.” tambahnya.

Mendy bahkan ikut membawa Reims promosi ke Ligue 1 di musim tersebut.

Mendy kemudian dipinang Rennes pada musim panas 2019, sebelum kemudian akhirnya berlabuh ke Chelsea.

x

Check Also

Mason

Mason Mount Akui Tuchel Sebagai Pelatih Yang Cerdas

London – Gelandang Chelsea Mason Mount menjelaskan bagaimana rasanya bermain di bawah bimbingan pelatih Thomas ...