Home > Berita Liga Indonesia > Persija Jakarta > Riko Simanjuntak Awalnya Tak Diproyeksikan Sebagai Penyerang Sayap

Riko Simanjuntak Awalnya Tak Diproyeksikan Sebagai Penyerang Sayap

Jakarta – Nama pemain sayap Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, kini menjadi salah satu idola bagi para The Jakmania.

Kecepatan dan pergerakan lincahnya di lapangan seringkali membuat repot barisan pertahanan lawan.

Performa apik yang ditunjukkan Riko di lapangan membuat pemain berusia 28 tahun ini sempat menjadi langganan Timnas Indonesia membela merah putih di ajang bergengsi seperti Piala AFF.

Meski demikian, pada awal karirnya di lapangan sepak bola, Riko sebenarnya bukan diproyeksikan sebagai pemain sayap.

Riko mulai terjun ke dunia sepakbola melalui Sekolah Sepakbola (SSB) di daerah asalnya, Siantar, Sumatera Utara.

“Waktu saya di Siantar, saya di SSB Harapan Jaya dan Bintang Muda saya bermain di posisi gelandang bertahan. Kecepatan yang saya miliki bermanfaat untuk menahan laju serangan lawan,” ungkap Riko, di laman resmi Persija Jakarta.

Dalam perkembangannya, Riko pun dipasang sebagai pemain sayap saat bergabung bersama klub profesional lantaran kecepatannya membawa bola.

Sejak bergabung bersama Persija Jakarta pada 2018 lalu, Riko ikut membawa . . . . . . Persija menjadi juara Liga 1 hingga Piala Presiden.

Sejak terjun ke dunia sepak bola profesional pada 2012 lalu, Riko Simanjuntak bergabung bersama PSMS Medan dan kemudian PS Bangka. Pada 2015, Riko kemudian bergabung bersama Gresik United.

Saat pindah ke Semen Padang, Riko gagal membawa Kabau Sirah terlepas dari jurang degradasi pada 2017, hingga akhirnya ia ditarik Persija Jakarta.

Pada 2019 lalu, Riko sempat mendapat pengakuan internasional dari federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF) dengan mencantumkan nama Riko Simanjuntak ke dalam Best XI ASEAN 2019.

x

Check Also

Kalah Dari Arema FC, Pelatih Persija Kritik Kepemimpinan Wasit

Yogyakarta – Pelatih Persija Jakarta, Angelo Alessio, mengkritik kepemimpinan wasit setelah tim Macan Kemayoran kalah ...