Home > Berita Liga Indonesia > Restart Liga 1 2020 Segera Digelar, Sejumlah Klub Masih Waswas

Restart Liga 1 2020 Segera Digelar, Sejumlah Klub Masih Waswas

Kick off Liga 1 2020 akan mulai kembali dilanjutkan pada 1 Oktober mendatang sampai 28 Februari 2021. Setidaknya ada enam klub Liga 1 2020 yang was-was disaat kick off pertandingan kurang dari satu pekan lagi. Keenam klub itu adalah Persija Jakarta, Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya, PSM Makassar, Bali United, dan Persipura Jayapura.

Kewaspadaan masing-masing klub berbagai macam. Seperti Persija Jakarta, PSM Makassar, dan Bali United. Ketiga klub itu memutuskan untuk berkandang di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta. Perwakilan manajemen ketiga klub itu sudah melakukan kunjungan untuk bertemu pemerintah setempat.

Walau begitu, ternyata baik Persija Jakarta, PSM Makassar, dan Bali United, belum mendapatkan surat izin dari pemerintah setempat untuk menggunakan Stadion Sultan Agung. Saat dihubungi Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengatakan Persija Jakarta, PSM Makassar, dan Bali United harus segera mengurus surat izin penggunaan Stadion Sultan Agung.

Pasalnya, proses perizinan untuk menggunakan stadion berkapasitas 20 ribu penonton itu belum selesai. Walaupun begitu, baik Persija Jakarta, Bali United, dan PSM Makassar, kabarnya sudah berkomunikasi dengan pemerintah daerah setempat. Diharapkan dalam waktu dekat ketiga klub itu sudah mendapatkan surat izin pemakaian Stadion Sultan Agung.

“Saya lihat ketiganya sedang berkoordinasi dengan semua pihak untuk masalah perizinan ini.”

“Kami dari PT LIB pun ingin semua terbit dan saya berharap ketiganya bisa mendapatkan izin,” kata Akhmad Hadian Lukita.

Selanjutnya ada Persebaya Surabaya dan Bhayangkara FC yang sampai saat ini belum jelas akan berkandang dimana. Persebaya Surabaya awalnya ingin berkandang di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur.  Tidak hanya Persebaya Surabaya, Stadion Gelora Delta juga akan dipakai oleh Madura United dan Bhayangkara FC.

Seiring berjalannya waktu, pemerintah daerah setempat mengeluarkan keputusan kalau Stadion Gelora Delta tidak boleh dipakai untuk kandang klub Liga 1 2020. Alasannya karena kasus Covid-19 di Sidoarjo kembali meningkat. Alhasil ketiga klub itu harus mencari kandang baru untuk melanjutkan perjalanannya di Liga 1 2020.

Madura United sudah memutuskan untuk berkandang di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Madura. Sementara Bhayangkara FC dan Persebaya Surabaya belum. Untuk Bhayangkara FC, awalnya The Guardian memang ingin berkandang di Stadion PTIK, Melawai, Jakarta Selatan.

Dikarenakan DKI Jakarta masih memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Bhayangkara FC terancam tidak bisa menggunakan Stadion PTIK sebagai kandangnya.

Selanjutnya ada opsi berkandang di Stadion Gelora Delta tapi batal terlaksana karena keputusan pemerintah setempat. Bhayangkara FC pun saat ini sedang berdoa agar bisa berkandang di Stadion PTIK setelah PSBB berakhir.

Sementara Persebaya Surabaya masih mencari stadion sebagai kandangnya. Bajul Ijo ingin bisa berkandang di sekitaran Surabaya. Dua kota yaitu Lamongan dan Kediri menjadi tujuan utama Persebaya Surabaya untuk berkandang di sana.

Sampai saat in manajemen Persebaya Surabaya belum memutuskan akan berkandang dimana. Terakhir ada Persipura Jayapura yang mendapatkan surat dari pemerintah kota Malang, Jawa Timur. Mutiara Hitam dipastikan tidak bisa berkandang di Stadion Gajayana, Malang.

Karena, Stadion Gajayana dan sekitarnya akan direnovasi. Tentu saja ini menjadi surat kaget bagi Persipura Jayapura karena Liga 1 2020 sebentar lagi bergulir. Manajemen Persipura Jayapura belum membuat sikap terkait kabar terusir dari Stadion Gajayana. Ada kabar kalau Persipura Jayapura akan tetap bermarkas di Malang dengan menggunakan Stadion Kanjuruhan, Kepanjen.

“Karena ini menyangkut kompetisi, kami dari PT LIB pasti akan membantu tim-tim yang mengalami kesulitan dalam masalah apapun termasuk perizinan,” kata Akhmad Hadian Lukita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PSS Sleman Gagal Kantongi Poin Penuh di Kandang

Pelatnas Timnas U-16 Indonesia, PSS Sumbang 3 Pemain

PSS Sleman turut menyumbangkan tiga pemainnya untuk mengikuti pemusatan latihan timnas U-16 Indonesia. Tiga pemain ...