Home > Timnas Indonesia > PSSI Ungkap Alasan Timnas Indonesia Tak Bisa Pakai Bek Fiorentina

PSSI Ungkap Alasan Timnas Indonesia Tak Bisa Pakai Bek Fiorentina

Jakarta – Nama bek Fiorentina keturunan Indonesia, Kevin Diks, belakangan ini jadi sorotan setelah pengakuannya yang ingin bergabung bersama Timnas Indonesia.

Dalam sebuah wawancara di kanal YouTube Yussa Nugraha, Kevin Diks, mengutarakan keinginannya untuk bisa membela Timnas Indonesia.

“Aku selalu mengatakan bahwa aku selalu terbuka untuk itu (bermain untuk timnas Indonesia) tapi selama federasi tidak mengontakku aku nggak usah berpikir tentang itu,” kata Diks, dalam Youtube Yussa Nugraha.

“Aku juga sudah bicara dengan agenku, aku jujur bilang Indonesia adalah asal usulku jadi aku tidak akan mengatakan tidak untuk itu,” sambung pemain berusia 23 tahun ini.

Namun sayangnya, keinginan Kevin Diks ini tidak bisa terwujud karena beberapa alasan.

Menurut keterangan Pelaksana Tugas (plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, usia Kevin Diks yang telah mencapai 23 tahun menjadi penghalang dirinya untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala Dunia U-20 2021.

“Usia yang tidak mungkin kita masukkan ke dalam skuad Timnas Indonesia di Piala Dunia 2021,” ucap Yunus Nusi.
“Karena kita mencari pemain yang masih berumur 18 dan 19 tahun,” sambungnya.

Selain itu, pemain yang pernah berkarier di Liga Denmark ini ternyata sudah pernah membela Timnas Belanda saat dirinya masih berusia . . . . . . 21 tahun.

Sedangkan bila melihat Statuta FIFA Pasal 5 Ayat 2, seorang pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi FIFA tidak berhak untuk membela negara lain dalam pertandingan internasional.

Meski FIFA memperbolehkan seorang pemain untuk berganti kewarganegaraan sebanyak satu kali untuk bisa membela timnas negara yang diinginkannya, namun pemain itu harus tidak pernah bermain di pertandingan resmi Level A bersama asosiasi sebelumnya.

“Ini yang pernah dialami Ezra Walian sehingga gagal melakoni pertandingan-pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2020,” jelas Yunus Nusi.

“Ezra tidak bisa memperkuat Indonesia karena dia pernah bermain di timnas Belanda di level yunior pada kompetisi resmi UEFA,” sambung Yunus Nusi.

Untuk diketahui, Ezra Walian sudah pernah membela Timnas U-17 Belanda dalam Kualifikasi Piala Eropa U-17 2014.

x

Check Also

Meski Kalah Lawan Afghanistan, Ezra Walian Nilai Timnas Indonesia Sudah Bermain Baik

Jakarta – Timnas Indonesia kalah tipis dengan skor 0-1 saat pertandingan persahabatan melawan Afghanistan, di ...