Home > Berita Liga Indonesia > Shopee Liga 1 2020 > PSSI Bakal Buka Transfer Usai Melihat Banyak Klub Liga 1 Kehilangan Pemain Asing?

PSSI Bakal Buka Transfer Usai Melihat Banyak Klub Liga 1 Kehilangan Pemain Asing?

Jakarta – PSSI akan mengeluarkan kebijakan baru terkait banyaknya pemain dan pelatih asing yang hengkang atau tidak kembali ke klub menjelang dilanjutkannya kembali Shopee Liga 1 2020.

Tercatat sudah ada 10 pemain asing yang memutuskan untuk tidak melanjutkan kontraknya di klub. Selain itu ada dua pelatih asing, yakni Roberto Mario Carlos Gomez dan Edson Tavares, yang hengkang dari klub.

Untuk pelatih, mereka bisa berpindah kapanpun tanpa harus menunggu jendela transfer dibuka.

Namun untuk pemain, klub dibatasi oleh waktu bursa transfer yang baru akan dibuka pada 8-23 Desember mendatang. Karena itu, klub tidak bisa mendatangkan pemain baru sebagai pengganti di luar batas waktu itu.

Terkait hal ini, PSSI berencana akan mempercepat jadwal bursa transfer menjadi di bulan September atau Oktober agar klub bisa memenuhi kebutuhan pemain.

“Secara resmi nanti akan disampaikan PT LIB. Tapi bisa sedikit kami sampaikan, pendaftaran pemain baru mungkin kami percepat pada September/Oktober ini,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam preskon Zoom meeting, Jumat (11/9/2020).

“Kami mengantisipasi hal ini karena pemain di luar susah masuk. Kami berikan keleluasaan kembali ke klub untuk transfer baru. Nanti selengkapnya akan disampaikan kepada PT LIB saat workshop dengan para pemilik klub,” tambahnya.

Terkait pemain asing yang susah kembali ke Indonesia karena terbentur oleh urusan kelengkapan karena . . . . . . aturan ketat selama pandemi Covid-19, PSSI juga sudah menjalin komunikasi dengan pihak-pihak terkait.

“Sudah terantisipasi semua terkait pemain yang susah masuk. PSSI juga telah bekerja sama dengan Kemenkumham dan saya telah bertemu dengan Dirjen Imigrasi,” ungkap Yunus Nusi.

“Kenyataan ada beberapa pemain sulit masuk ke sini, atas dukungan Kemenkumham, sudah mulai pada datang setelah diberikan dispensasi khusus sesuai peraturan Kemenkumham,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita, mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan PSSI terkait penyelesaian pemain-pemain asing yang sulit masuk ke Indonesia.

“Hal ini sudah menjadi pemikiran PT LIB dan PSSI di Pokja regulasi yang sedang dikaji (PSSI), sudah menjadi pertimbangan dari masukan para klub,” tutur Akhmad Hadian.

“PSSI akan mengeluarkan regulasi, paling tidak itu bisa memenuhi keinginan klub. Kami PT LIB selaku operator, intinya siap menjalankan apapun regulasinya yang disiapkan PSSI,” tandasnya.

x

Check Also

Di Antara Negara ASEAN, Hanya Indonesia Yang Kompetisi Sepakbolanya Terhenti

Jakarta – Setelah PSSI memutuskan untuk menunda lanjutan Liga 1 2020 hingga awal tahun depan, ...