Home > Berita Liga Spanyol > Presiden Barcelona Dihadang Belasan Ribu Tanda Tangan Mosi Tak Percaya

Presiden Barcelona Dihadang Belasan Ribu Tanda Tangan Mosi Tak Percaya

Pengumpulan tanda tangan untuk mosi tidak percaya kepada Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, sudah berakhir pada Kamis (17/9/2020) waktu setempat. Menurut laporan Marca, tanda tangan yang terkumpul mencapai 18.000 tanda tangan.

Padahal, pada Rabu (16/9/2020) saja tanda tangan yang terkumpul baru sekitar 14.000 tanda tangan.

Dalam waktu kurang dari sehari, kuota minimal tanda tangan untuk mengaktifkan mosi tidak percaya sudah terpenuhi. Untuk mengaktifkan mosi tidak percaya kepada Bartomeu, dibutuhkan setidaknya 16.250 tanda tangan dari para pendukung.

Kalau memenuhi kuota itu, dokumen mosi tidak percaya akan diaktifkan oleh dewan Barcelona.

Sekarang, kuota pengaktifan mosi tidak percaya sudah terpenuhi dan masa depan Bartomeu di Barcelona mulai terancam. Pasalnya, berkas-berkas mosi tidak percaya akan dibawa ke klub setelah dikonfirmasi jumlahnya.
Referendum pengambilan suara untuk menentukan nasib Bartomeu kemungkinan akan berlangsung sepuluh hingga dua puluh hari mendatang.

Kalau dua per tiga pemilik hak suara mendukung mosi tidak dipercaya itu, Bartomeu akan dipaksa untuk turun dari jabatan presiden. Kabarnya, para calon presiden Barcelona akan mengadakan konferensi pers pada Jumat (18/9/2020) siang hari waktu Spanyol.

Konferensi pers itu akan membahas mengenai sikap mereka tentang referendum klub.

Mosi tidak percaya itu muncul karena Bartomeu dianggap membuat gaduh kondisi Barcelona. Bartomeu diketahui sempat berkonflik dengan beberapa bintang dan legenda Barcelona sampai melahirkan skandal Barca Gate.
Selain itu, konflik dengan Lionel Messi yang baru saja selesai menjadi puncak ketidakpercayaan para pendukung kepada Bartomeu.

Sekarang, Bartomeu tinggal menunggu nasibnya di tangan referendum klub beberapa waktu mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Koeman Ubah Skema Permainan Barcelona Menjadi Lebih Defensif

Untuk musim 2020-2021, Ronald Koeman akan menerapkan sesuatu yang baru di Barcelona, yaitu strategi yang ...