Home > Berita Liga Indonesia > Perjalanan Melelahkan Persib Mengarungi Liga 1 2020

Perjalanan Melelahkan Persib Mengarungi Liga 1 2020

Operator Liga Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah merilis ulang jadwal Liga 1 2020. Perubahan itu tidak lepas dari pemusatan kompetisi ke Pulau Jawa sehingga tim-tim dari luar Jawa harus pindah ke Jawa. Penjadwalan ulang Liga 1 2020 amat diperlukan pertimbangan yang matang.

Operator harus memikirkan tentang kebugaran pemain karena semua pertandingan kabarnya akan dilalui tim-tim peserta dengan menempuh jalur darat.
Persib Bandung menjadi tim yang akan melakukan perjalanan paling melelahkan saat Liga 1 2020 kembali dimulai untuk menjalani pekan keempat dan seterusnya.

Total, Maung Bandung akan menempuh perjalanan tandang sejauh ±8168km (satu kali jalan, bukan pulang-pergi). Saat Liga 1 diputar kembali, Persib akan memainkan 16 pertandingan tandang karena satu pertandingan tandang yakni melawan Arema, sudah dimainkan sebelum Liga 1 2020 dihentikan pada Maret lalu.

Untuk pertandingan tandang paling jauh dan paling melelahkan, akan dilakukan Persib pada pekan ke-29, ke-30, dan ke-31 di mana Maung Bandung akan melakukan tour tandang dari Bandung ke ke Sleman untuk melawan Borneo FC, lalu ke Sidoarjo untuk melawan Persebaya Surabaya, dan kembali ke arah barat untuk melawan Bhayangkara FC di Jakarta.

Total jarak tempuh yang akan dilalui Febri Hariyadi dan kawan-kawan adalah ±1658 km untuk tour tandang pada tiga pekan itu. Untuk pertandingan tandang terdekat Persib, pertandingan melawan TIRA Persikabo pada pekan ke-26 akan menjadi pertandingan tandang yang tidak terlalu menguras tenaga dan waktu bagi Maung Bandung.

Total, jarak Bandung ke Cibinong, Bogor yang merupakan markas TIRA hanya berkisar ±183km. Panjangnya jarak tandang Persib dikarenakan rombongan Persib mesti menuju Tol Cikampek di arah barat terlebih dahulu untuk menggunakan rute tercepat dan ternyaman agar bisa menuju Jawa bagian tengah dan timur.

Hal ini kalau rombongan Persib memilih rute sesuai anjuran aplikasi pengarah jalan yang sering mengarahkan ke rute tercepat. Rombongan Persib bisa saja mengarah langsung ke arah timur dari Kota Bandung untuk melakukan perjalanan tandang ke Jawa bagian tengah atau timur.

Hanya saja, jalan yang akan dilalui cenderung sempit bila menggunakan bus dan rute itu pun, belum seluruhnya bisa dilalui lewat jalan tol yang lebih nyaman, lebih besar, relatif lebih bebas hambatan walaupun secara jarak terkadang relatif lebih panjang daripada jalan nasional atau jalan non-tol.

Pemain Persib Bandung, Geoffrey Castillion mengaku terpaksa untuk melakukan perjalan yang akan melelahkan itu. Pasalnya, pemain yang sebelumnya banyak menghabiskan kariernya di Eropa itu sangat jarang melakukan perjalanan tandang lewat darat dengan jarak tempuh yang relatif sangat jauh.

“Saat saya bermain di Rumania, perjalanan terpanjang adalah 8 jam dengan bus. Itu adalah perjalanan terpanjang saya di Rumania saat saya bermain di sana. Anda tahu, kali ini sangat sulit, jadi kami harus beradaptasi dengan kondisi saat ini. Saya tahu, ini akan sulit tapi kami harus melakukannya,” kata Castillion.

Tim kedua setelah Persib yang akan melakukan perjalanan melelahkan adalah TIRA. Total, TIRA memiliki jarak tempuh perjalanan tandang sebanyak ±7199km. Jumlah jarak tandang TIRA menjadi lebih panjang dari tim asal Jabodetabek lainnya (Bhayangkara FC dan Persita) karena, tim yang bermarkas di Cibinong, Bogor ini punya satu pertandingan tandang lebih banyak.

Tim yang bermarkas di Malang yaitu Persipura Jayapura menjadi tim paling melelahkan ketiga. Persipura yang sama-sama bermarkas di Malang seperti Arema punya total jarak tandang lebih lelah dari Arema.

Persipura akan menempuh perjalanan tandang mereka (satu kali jalan) sebanyak ±6732km dengan pertandingan tandang terjauh adalah pertandingan melawan Persita di Tangerang yang berjarak ±872km dari Malang.

Lebih banyaknya perjalanan tandang Persipura dari Arema karena Mutiara Hitam harus berkunjung ke Jawa bagian barat sebanyak empat kali melawan Bhayangkara di Jakarta, Persita di Banten, Persib di Bandung, dan TIRA di Bogor, pertandingan tandang melawan TIRA sudah dilakukan Arema sebelum Liga 1 2020 dihentikan sementara.

Selain itu, Persipura akan lebih sering melakukan perjalanan untuk pertandingan tandang dengan hanya menghadapi satu tim saja. Hal ini berbeda dengan Arema yang punya jadwal tandang lebih bersahabat dari Persipura. Di sisa 15 pertandingan tandang Persipura, Mutiara Hitam hanya punya sepasang pertandingan tandang.

Pada pekan ketujuh dan delapan, Persipura akan melakukan tur tandang untuk menghadapi Persiraja Banda Aceh di Sleman kemudian ke Lamongan untuk pertandingan melawan Persela Lamongan. Di sisi lain, Arema akan menjalani sisa 15 pertandingan tandang mereka dengan lebih banyak melakukan tur yang di mana dalam sekali perjalanan tandang bisa bertanding dua kali.

Singo Edan memiliki tiga pasang pertandingan tandang dalam tur yang akan mereka jalani di jadwal pertandingan tandang sisa. Bahkan, pertandingan pekan ke-16 dan 17 akan mereka jalani tanpa berpindah tempat karena melawan Bali United kemudian PSM Makassar, yang sama-sama bermarkas di Stadion Sultan Agung, Bantul, D.I. Yogyakarta.

x

Check Also

Gelandang Persib Masih Menyimpan Asa Berkarir di Eropa

Febri Hariyadi punya mimpi yang tidak tanggung-tanggung. Sekalinya berangan-angan, pemain Persib Bandung ini ingin berkarier ...