Home > Berita Bola > Bola Internasional > Pemerintah Brazil Klaim Neymar Adalah Korban Aksi Rasisme

Pemerintah Brazil Klaim Neymar Adalah Korban Aksi Rasisme

Sao Paulo – Neymar terlibat insiden pertengkaran dengan Alvaro Gonzalez, saat Paris Saint-Germain (PSG) menjamu Olympique Marseille di Parc des Princes pada 13 September lalu.

Dalam insiden itu, Neymar menempeleng kepala bek Marseille itu karena Alvaro diduga melakukan kekerasan verbal dengan memanggil Neymar dengan sebutan ‘monyet’.

Perseteruan kedua pemain ini terus berlanjut hingga ke media sosial. Neymar menyebut Alvaro sebagai sosok yang rasis, sedangkan Alvaro membantah tuduhan itu.

Komisi disiplin Liga Prancis sendiri telah menjatuhkan sanksi pelarangan tampil di dua pertandingan kepada Neymar. Sedangkan dugaan ucapan rasisme yang dilakukan Alvaro Gonzalez masih dalam penyelidikan.

Terkait hal ini, pemerintah Brasil melalui Kementerian Perempuan, Keluarga dan Hak Asasi Manusia (MMFDH) secara tegas mendukung Neymar yang dianggapnya sebagai korban.

Hal ini disampaikan oleh Damares Alves, pimpinan di Kementerian Perempuan, Keluarga dan Hak Asasi Manusia Brasil, yang mengecam segala jenis kekerasan dan menolak diskriminasi terhadap warna kulit.

“Dalam menghadapi kasus rasisme di . . . . . . ajang olahraga, Kementerian Wanita, Keluarga dan Hak Asasi Manusia (MMFDH) menunjukkan solidaritasnya kepada Neymar Jr. Dia dipanggil “monyet” oleh bek Alváro González dari Olympique de Marseille, serta diusir dari lapangan setelah bereaksi terhadap tindakan tersebut lewat sebuah tamparan,” demikian pernyataan Kementerian Perempuan, Keluarga dan Hak Asasi Manusia Brasil.

“Ini bukan kali pertama Neymar menjadi korban rasisme dalam sepakbola. Sekretariat Nasional Kebijakan untuk Promosi Kesetaraan Ras (SNPIR) mengecam keras segala jenis kekerasan dan menolak diskriminasi terhadap warna kulit,” tegas MMFDH.

x

Check Also

Belanda Menang Telak 4-0 Atas Montenegro Dalam Ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022

Jakarta – Pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022, timnas Belanda berhasil menang telak atas Montenegro ...