Home > Berita Liga Spanyol > Pemain Dari Agen Jorge Mendes Kini Tak Lagi Menghiasi Real Madrid

Pemain Dari Agen Jorge Mendes Kini Tak Lagi Menghiasi Real Madrid

Dalam catatan Marca, sejak tahun 2007, alias 13 tahun silam, baru kali ini lagi tim Real Madrid tidak diperkuat satu pun pemain yang merupakan klien dari Jorge Mendes. Padahal sebelum musim ini hubungan Jorge Mendes-Real Madrid sangatlah dekat. Sejumlah klien dari si agen pernah dibeli Madrid dengan total 298 juta euro, sedangkan 186 juta euro lain didapat dari penjualan mereka.

Dengan kata lain, hubungan Real Madrid-Jorge Mendes selama 13 tahun sudah melibatkan total uang sebesar 484 juta euro atau sekitar Rp 8,6 triliun dalam hal beli dan jual.

Kepindahan James Rodriguez ke Everton musim panas ini membuat kebersamaan Madrid dengan Jorge Mendes berakhir, setidaknya untuk saat ini.

Berikut transfer pemain yang jadi kliennya Jorge Mendes ke Real Madrid dalam kurun waktu 13 tahun terakhir.

Musim 2007/2008: Pepe (30 juta euro)

Pepe disebut sebagai kesepakatan besar Jorge Mendes dengan Real Madrid, yang saat itu terjadi di era Ramon Calderon sebagai presiden. Performanya mengawal lini belakang, khususnya saat El Clasico 2007, turut membuat Pepe menjadi salah satu ikon El Real.

Musim 2008/2009: Ezequiel Garay (10 juta euro)

Masih di era Calderon, datanglah pemain bek tengah lain yang juga merupakan klien dari Mendes. Tapi Garay, direkrut dari Racing Santander, kesulitan dapat tempat utama.

Musim 2009/2010: Cristiano Ronaldo (96 juta euro)

Dapat dikatakan kalau Ronaldo adalah klien terpenting yang pernah dibawa Jorge Mendes ke Real Madrid. Ia didatangkan dari . . . . . . Manchester United, di era kedua Florentino Perez sebagai presiden, dan jadi bintang utama sebelum kepergiannya pada 2018.

Musim 2010/2011: Angel Di Maria (36 juta), Riccardo Carvalho (delapan juta euro), dan Jose Mourinho (delapan juta euro)

Nama terakhir tentu saja bukan seorang pesepakbola. Tapi Jose Mourinho tetap merupakan salah satu klien dari Jorge Mendes yang pernah didatangkan ke Santiago Bernabeu.

Musim 2011/2012: Fabio Coentrao (30 juta euro)

Negosiasi untuk mendatangkan Coentrao dari Benfica sempat alot. Sempat beberapa kali tampil prima di momen krusial, Coentrao pada akhirnya tetap dianggap sulit bersaing pada posisi pemain bek kiri.

Musim 2012/2013: Fabinho (Pinjaman)

Pesepakbola yang sekarang merumput di Liverpool ini sempat dipinjam oleh Real Madrid, awalnya buat tim Castilla. Di tim utama, ia sempat satu kali tampil.

Musim 2014/2015: James Rodriguez (80 juta euro)

James adalah klien Jorge Mendes terakhir yang didatangkan ke Real Madrid, menyusul penampilan bagusnya di Piala Dunia 2014. Sempat oke di musim pertama, kebintangan James perlahan redup bersama Zinedine Zidane.

x

Check Also

Barcelona vs Deportivo Alaves Berakhir Dengan Skor Imbang 1-1 Di Camp Nou

Barcelona – Pada pekan ke 12 La Liga 2021/22, Barcelona menjamu Deportivo Alaves di Camp ...