Home > Berita Liga Spanyol > Mourinho Tak Masukkan Ronaldo Dalam Daftar 3 Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah

Mourinho Tak Masukkan Ronaldo Dalam Daftar 3 Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah

Jose Mourinho telah malang melintang melatih banyak pemain hebat. Pelatih flamboyan ini tercatat pernah menangani pemain sekelas Kaka, Frank Lampard, Didier Drogba, Zlatan Ibrahimovic sampai sang mega bintang Cristiano Ronaldo.

Bersama Cristiano Ronaldo, Jose Mourinho bahkan menjadi momok di La Liga dengan gelontoran gol di timnya. Di musim 2011/12, Real Madrid bahkan memutus dominasi Barcelona di La Liga dengan catatan gol yang impresif 121 gol.

Cristiano Ronaldo saat itu menjadi andalan Mourinho, dengan mencetak 46 gol dari 121 golnya El Real. Tapi, beberapa kali Mourinho tidak terlalu membanggakan mantan anak asuhnya yang sudah meraih lima Ballon d’Or itu.

Dulu pelatih berjuluk The Special One, bahkan pernah mengatakan bahwa pesepak bola terbaik di dunia adalah Ronaldo, Ronaldo-nya Brasil. Tapi, bukan Jose Mourinho namanya kalau tidak mengatakan hal semau dia saja.

Sekarang Jose Mourinho malah menghilangkan nama Ronaldo Luis dan tetap tidak menyebut Cristiano Ronaldo sebagai yang terbaik. Saat melakukan wawancara dengan SportBible, Mourinho menyebutkan tiga pemain terbaik versinya tanpa menyinggung dua Ronaldo itu.

Siapa saja ketiga nama terbaik versi Jose Mourinho? Berikut di antaranya:

1. Lionel Messi

1. Lionel Messi

Alih-alih menyebut Cristiano Ronaldo, Jose Mourinho malah memilih pemain Barcelona yang notabenenya adalah rival Real Madrid, klub yang dilatihnya dulu. Tapi, kelihatannya Jose Mourinho tidak salah memilih Lionel Messi sebagai pemain terbaik versinya.

Lionel Messi merupakan pemain dengan raihan Ballon d’Or terbanyak yaitu enam kali, unggul satu dari Cristiano Ronaldo. La Pulga pun memiliki rekor-rekor mentereng yang sulit dipecahkan, seperti 91 golnya dalam satu tahun, pemegang gol terbanyak di La Liga dengan 444 gol, sampai assistsnya yang sekarang mencapai 189.

Sepanjang karirnya Lionel Messi sudah mencatatkan 731 penampilan dengan torehan 634 gol serta 268 assists. Jumlah kontribusi yang begitu menonjol dan sulit untuk diraih pemain lain.

2. Pele

Nama kedua yang disebut Jose Mourinho . . . . . . adalah legenda Brasil, Pele. Mantan pesepak bola itu memang menjadi sosok yang banyak diidolai pesepak bola modern. Sampai saat ini, nama Pele masih sering terdengar dan dicap sebagai yang terbaik di dunia.

Legenda Negeri Samba itu bahkan diketahui mencetak sebanyak 1.282 gol dengan total permainan sebanyak 1.363 di level klub maupun Tim Nasional.  Dirinya juara merupakan juara kunci Brasil meraih banyak trofi Piala Dunia.

Di usia 17 tahun, Pele bahkan sudah menjuarai Piala Dunia dan mencetak dua gol di final pada tahun 1958. Diikuti juara Piala Dunia lainnya pada tahun 1962 dan 1970, dengan raihan itu wajar kalau Pele disebut sebagai rajanya Piala Dunia.

3. Diego Maradona

3. Diego Maradona

Diego Maradona menjadi satu nama yang juga disebut Jose Mourinho sebagai yang terbaik. Hal yang wajar karena sebelum adanya Lionel Messi, Argentina sudah memiliki idolanya dalam sosok Maradona. Baik tua maupun muda pasti masih sering mendengar gol melegendanya yang disebut-sebut sebagai ‘gol tangan Tuhan’.

Diego Maradona juga kelihatannya memiliki kemiripan dengan sosok Jose Mourinho, yang tidak pernah lepas dari kontroversi. Tapi, di samping itu dia juga merupakan pahlawan untuk Timnas Argentina dengan gol solo runnya yang menghasilkan trofi Piala Dunia 1986.

Diego Maradona juga dikenang sebagai salah satu yang terbaik di Napoli, tim yang dibawanya juara di musim 1986/87 dan 1989/1990. Tercatat Maradona sepanjang karirnya di level klub mencetak 150 gol dari 328 penampilan.

x

Check Also

Barcelona Menang Tipis 1-0 Atas Espanyol, Debut Manis Untuk Xavi

Barcelona – Laga debut Xavi Hernandez sebagai pelatih mendapatkan hasil manis dimana Barcelona berhasil menang ...