Home > Berita Liga Spanyol > Koeman Ubah Skema Permainan Barcelona Menjadi Lebih Defensif

Koeman Ubah Skema Permainan Barcelona Menjadi Lebih Defensif

Untuk musim 2020-2021, Ronald Koeman akan menerapkan sesuatu yang baru di Barcelona, yaitu strategi yang lebih defensif.

Selama ini Barcelona selalu identik dengan formasi 4-3-3 dengan karakter yang lebih cenderung menyerang.

Formasi tersebut selalu digunakan Barcelona karena dianggap dapat memaksimalkan permainan tiki-taka ala mereka.

Namun, di bawah arahan Ronald Koeman sebagai pelatih baru, sepertinya Barcelona akan jarang menggunakan formasi tersebut.

Ronald Koeman, yang ditunjuk menjadi pelatih Barcelona pada 19 Agstus 2020, berencana menerapkan strategi baru untuk tim besutannya.

Hal tersebut telah ditunjukkan Koeman dalam pertandingan uji coba melawan Gimnastic de Tarragona pada hari Sabtu (12/9/2020).

Pada laga tersebut, Barcelona bermain dengan formasi 4-2-3-1 yang notabene jarang digunakan pada masa lalu.

Meskipun terhitung baru, formasi tersebut terbukti lumayan efektif di tangan Koeman mengingat Barcelona meraih hasil positif pada laga uji coba tadi yaitu menang 3-1.

Koeman ingin menggunakan formasi 4-2-3-1 adalah agar Barcelona bisa memainkan strategi baru yang memiliki karakter bertahan.

Dengan memainkan dua gelandang bertahan, Koeman berujar ingin membawa Barcelona tampil sedikit lebih defensif dari sebelumnya.

Meskipun demikian, Koeman juga menekankan bahwa dengan memiliki dua pemain yang menempati peran seperti itu, tim asuhannya akan lebih fleksibel ketika menyerang nantinya.

“Ini mungkin berbeda dan agak lebih defensif daripada yang terlihat dalam beberapa tahun terakhir,” ujar Koeman soal strategi yang ia terapkan di Barcelona seperti dikutip dari AS.

“Namun, itu . . . . . . memiliki tujuan yaitu untuk memindahkan bola, menahannya dan menemukan ruang untuk bermain di antara garis, dan di belakang gelandang lawan.”

“Saya pikir tim ini bisa melakukannya karena kami memiliki gelandang untuk bermain seperti itu,” kata Koeman menambahkan.

Selain itu, Koeman juga memberikan komentar soal pertandingan uji coba yang baru saja dimainkan anak buahnya.

“Yang paling penting untungnya tidak ada yang cedera. Setiap orang telah bermain selama 45 menit,” ucap Koeman melanjutkan.

“Ada saat-saat dengan intensitas yang bagus. Selalu ada hal yang perlu ditingkatkan, tetapi kami senang. Kami telah berada di sini selama dua minggu dan kami memiliki dua minggu lagi.”

“Penting bagi para pemain untuk bermain karena ini bukan pramusim yang normal. Kami hanya punya empat pekan, bukan enam.”

“Itu rumit. Apa yang ingin kami lakukan sekarang adalah latihan fisik dan dalam dua minggu ke depan lebih banyak melatih sisi taktis,” tutur sosok berusia 57 tahun itu mengakhiri.

x

Check Also

Eder Militao Senang Bisa Bergabung Dengan Real Madrid

Eder Militao Terpilih Menjadi Man Of The Match Dalam Laga Real Madrid vs Osasuna

Madrid – Pada laga pekan ke -11 di La Liga 2021/22, Real Madrid tidak berhasil ...