Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > Koeman Berikan Peran Baru Untuk Messi dan Coutinho Saat Lawan Girona

Koeman Berikan Peran Baru Untuk Messi dan Coutinho Saat Lawan Girona

Prediksi Bola

Lionel Messi dan Philippe Coutinho sukses membobol gawang Girona dalam persahabatan di Stadion Johan Cruyff, Rabu (16/9/2020) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB. Dalam kemenangan Barcelona dengan skor 3-1 itu, Lionel Messi mencetak dua gol (45′, 51′) dan satu gol lainnya dicetak Philippe Coutinho (21′).

Adapun gol balasan dari Griona diciptakan Samuel Saiz saat pertandingan babak kedua baru berjalan satu menit. Messi dan Coutinho mendapatkan peran baru dalam pertandingan yang didampingi pelatih anyar mereka, Ronald Koeman.

Memilih formasi 4-2-3-1, Koeman menempatkan Francisco Trincao, Lionel Messi, dan Philippe Coutinho sebagai pemain depan dengan Antoine Griezmann jadi ujung tombak serangan. Juru taktik asal Belanda itu mengembalikan Messi sebagai false nine, peran yang La Pulga mainkan secara teratur saat berada di bawah Pep Guardiola.

Keputusan itu terbukti berhasil karena Messi bisa memberi peluang untuk terciptanya gol pembuka yang dicetak Coutinho. Pemain berusia 33 tahun ini memberikan umpan terobosan ke kotak penalti yang diterima oleh Trincao.

Tidak terkawal sama sekali, Trincao lalu mengoper bola ke Coutinho yang sudah berada di mulut gawang Girona. Coutinho kemudian dengan mudah melepaskan tendangan kaki kanan ke gawang kosong karena kiper Girona, Juan Carlos, sudah terlanjut fokus menutup pergerakan Trincao.

Sepakan itu tercipta saat Coutinho diminta untuk bermain di sayap kiri. Padahal, pemain berpaspor Brasil itu lebih sering diplot untuk bermain di tengah maupun sayap kanan.

Koeman sendiri mengaku taktik yang digunakannya berguna untuk menciptakan serangan yang mematikan. Mantan pelatih timnas Belanda ini pun merasa senang bisa memiliki pemain yang bisa tampil bagus walaupun diberi peran berbeda dari biasanya.

“Saya selalu berusaha untuk memberikan serangan terbaik,” kata Koeman, dikutip dari Daily Mirror.

“Kami memiliki beberapa pemain yang bisa bermain di posisi berbeda dan itu adalah pilihan yang sangat bagus.”

“Coutinho bisa bermain di sayap kiri dan turun melalui tengah.”

“Griezmann bisa bermain di sayap, di gelandang dan di depan, dan Messi bisa mulai dari kanan, bermain lebih jauh ke belakang atau lebih jauh ke depan dalam serangan.”

“Kami punya banyak pilihan,” kata pelatih yang menggantikan Quique Setien ini mengakhiri.

 

x

Check Also

Koeman Kritik Pemain Barcelona Usai Kalah Lawan Atletico

Madrid – Barcelona kalah dari tuan rumah, Atletico Madrid, dengan skor tipis 0-1, pada laga ...