Home > Liga 1 > Klub Liga 1 Dilarang Naik Pesawat, PT LIB Berikan Penjelasan

Klub Liga 1 Dilarang Naik Pesawat, PT LIB Berikan Penjelasan

PT Liga Indonesia (LIB) melarang klub Shopee Liga 1 2020 berkunjung dengan pesawat terbang. Sebagai gantinya, mereka akan menyediakan dua bus buat masing-masing klub. Shopee Liga 1 akan diadakan secara nonstop tanpa jeda kompetisi mulai 1 Oktober 2020-28 Februari 2021.

Semua klub cuma boleh naik bus selama menjalani kompetisi. PT LIB sadar betul dengan keluhan klub-klub yang mengatakan tidak mau naik bus untuk bepergian saat menjalani pertandingan tandang.

Salah satunya Persib Bandung yang khawatir perjalanan timnya akan memakan banyak waktu. Keluhan Persib masuk akal. Pertandingan tandang terjauh mereka nantinya adalah melawan Persebaya Surabaya yang bermarkas di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Perjalanan dari Bandung ke Sidoarjo bisa memakan waktu sampai belasan jam.

“Memang ada beberapa klub protes (soal perjalanan jauh dengan bus). Pasti sekian puluh pertandingan memakan waktu yang panjang dalam perjalanan,” kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

“Recovery-nya juga harus lebih panjang, tapi transportasi darat yang paling memadai dari protokol . . . . . . kesehatan dan jadwal. Itu yang kita harapkan kepada klub,” katanya menambahkan.

Upaya-upaya untuk bekerjasama dengan maskapai pesawat sebenarnya pernah dijajaki PT LIB untuk mengakomodir keluhan para klub. Misalnya meminta maskapai menyediakan pesawat yang diperuntukkan khusus buat perjalanan jauh klub-klub Shopee Liga 1. Tapi pada akhirnya hal itu tidak ditindaklanjuti. PT LIB menilai mengandalkan pesawat di tengah pandemi merupakan hal yang sangat beresiko.

“Kami melihat transportasi udara belum stabil. Karena Kalau naik pesawat, bisa saja pesawat tujuan kota tertentu nantinya malah tidak ada penerbangan, ini akan memengaruhi jadwal (kompetisi),” kata Akhmad Hadian.

x

Check Also

Pemain Asal Aceh Kecewa Dengan Ketidakjelasan Liga 1 2020

Andri Muliadi, mantan pemain Persebaya Surabaya, memutuskan pulang kampung setelah klubnya, Borneo FC diliburkan. Pemain ...