Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia U-19 > Inilah Penyerang Timnas U-19 Indonesia Yang Belum Cetak Gol di Kroasia

Inilah Penyerang Timnas U-19 Indonesia Yang Belum Cetak Gol di Kroasia

Timnas U-19 Indonesia sudah menyelesaikan turnamen mini bertajuk International U-19 Friendly Tournament 2020 di Kroasia. Dalam ajang itu, tim Garuda Nusantara harus puas menjadi juru kunci setelah mendapat dua kekalahan dan satu hasil imbang. Dua kekalahan pasukan Shin Tae-yong dialami saat menghadapi Bulgaria (0-3) pada Sabtu (5/9/2020) dan Kroasia (1-7) pada Selasa (8/9/2020).

Sementara itu, timnas U-19 Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi dengan skor 3-3 melalui comeback keren setelah tertinggal 1-3.

Sepanjang turnamen, Shin Tae-yong sudah memainkan empat striker yang dibawanya untuk mengikuti pemusatan latihan di Kroasia. Mereka adalah Saddam Gaffar, Irfan Jauhari, Braif Fatari, dan M Bahril Faresa. Tapi, Bahril menjadi satu-satunya striker yang tidak berhasil mencetak gol saat menjalani tiga pertandingan uji coba.

Sementara tiga striker lain menjadi aktor di balik tiga dari total empat gol yang diciptakan skuad Garuda Nusantara.

Ketiga striker itu mencetak gol dalam satu pertandingan yang sama, yaitu saat menghadapi Arab Saudi di pertandingan pamungkas. Irfan Jauhari yang menjadi pelopor bagi striker timnas U-19 Indonesia dalam mencetak gol.

Pemain yang aslinya berposisi sebagai gelandang itu mencetak gol ke gawang Arab Saudi pada menit ke-45 setelah Indonesia tertinggal 0-3.

Gol Irfan lalu disusul oleh Saddam Gaffar yang baru masuk di babak kedua. Saddam mencetak gol pada menit ke-52 usai menerima umpan silang dari Bagas Kaffa. Striker timnas U-19 Indonesia terakhir yang berhasil mencetak gol di Kroasia adalah Braif Fatari. Pemain yang . . . . . . juga aslinya bermain di gelandang itu sukses menjadi penyelamat Indonesia dari kekalahan setelah mencetak gol di masa injury time babak kedua.

Braif melepaskan sepakan menyilang dari sudut sempit yang mengarah ke tiang jauh gawang Arab Saudi dan berbuah gol.

Di sisi lain, Bahril Faresa memang hanya mendapat kesempatan bermain sebanyak satu kali selama di Kroasia. Bahril baru diturunkan oleh Shin Tae-yong dalam duel versus Arab Saudi untuk menggantikan Saddam Gaffar yang sedang tidak enak badan. Bermain selama kurang lebih 30 menit, Bahril kurang mendapat banyak kesempatan untuk membangun serangan.

Terlebih, Arab Saudi terus menggempur sisi pertahanan Indonesia sepanjang babak kedua.

Akibatnya, Bahril menjadi satu-satunya striker pilihan Shin Tae-yong yang belum mencetak gol. Timnas U-19 Indonesia sendiri masih akan mengadakan tiga pertandingan uji coba lagi selama berada di Kroasia. Witan Sulaeman Cs akan menghadapi Qatar pada 17 dan 20 September mendatang, serta melawan Bosnia Herzegovina pada 25 September 2020.

Setelah itu, kemungkinan besar tim Garuda Nusantara akan melanjutkan pemusatan latihan ke Turki.

x

Check Also

Shin Tae-yong Baru Hentikan Latihan Bila Tenaga Pemain Sudah Habis

Jakarta – Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, memang dikenal disipilin dan keras saat melatih. ...