Home > Berita Liga Spanyol > Gol Barcelona Terancam Anjlok 70 Persen Tanpa Duet Messi-Suarez

Gol Barcelona Terancam Anjlok 70 Persen Tanpa Duet Messi-Suarez

Barcelona diperkirakan terancam mengalami penurunan koleksi jumlah gol hingga 70 persen tanpa adanya duet Lionel Messi dan Luis Suarez.

Luis Suarez sudah resmi meninggalkan Barcelona dengan status bebas transfer pada bursa transfer musim panas ini. Luis Suarez memilih bergabung dengan salah satu rival Barcelona di Liga Spanyol, Atletico Madrid.

Pemain yang juga pindah dari Liverpool ke Barcelona pada 11 Juli 2014 ini dikontrak Atletico hingga 30 Juni 2022. Kepergian Luis Suarez dari Barcelona diperkirakan akan berdampak besar pada klub raksasa Catalunya tersebut.

Karena sebelumnya penyerang asal Uruguay itu telah membentuk kemitraan yang baik dengan Messi selama kariernya di El Barca.

Trio lini serang yang menakutkan berjulukan MSN sempat dibentuk Messi, Suarez dan Neymar sebelum Neymar pindah ke PSG. Kerja sama Suarez dan Messi sendiri terbukti mampu efektif bagi Barca.

Suarez bersama Messi, berhasil membawa Barca meraih 13 gelar termasuk Liga Champions, Liga Spanyol, dan Copa del Rey.

Akan tetapi, dampak paling besar yang akan dirasakan Barca dengan perginya Suarez adalah perkiraan penurunan jumlah gol yang diciptakan klub tersebut.

Seperti dilansir Satupedia.com dari AS, Barca menyelesaikan musim lalu dengan mencetak 110 gol di semua kompetisi. Dari jumlah tersebut, Suarez dan Messi berperan nyaris 70 persen dari jumlah keseluruhan gol. Mereka mencetak 74 dari 110 gol atau sekitar 67,27 persen.

Messi mengoleksi 31 gol dan menciptakan 16 assist untuk rekan setim selain Suarez. Adapun Suarez mengakhiri musim lalu dengan 21 gol dan menciptakan enam assist untuk pemain selain Messi. . . . . . . Di antara keduanya, kapten timnas Argentina memberi assist kepada Suarez untuk 10 golnya dan pemain timnas Uruguay itu membalas budi dengan enam assist.

Yang menjadi perhatian, catatan gol Suarez dan Messi pada musim lalu merupakan raihan terburuk sejak mereka bermain bersama.

Messi yang pernah mencatatkan 58 gol pada musim 2014-2015, hanya mampu mengoleksi 31 gol musim lalu. Adapun Suarez, yang pernah tampil mengesankan pada musim 2015-2015 dengan mencetak 59 gol, tak mampu menciptakan bahkan setengah dari jumlah tersebut pada musim lalu.

Walaupun demikian, koleksi gol keduanya selama enam musim bekerja sama tetaplah fantastis. Messi telah mencetak 280 gol dan Suarez mengoleksi 198 gol. Secara total, keduanya menghasilkan 478 gol dan 244 assist.

Statistik tersebut memberikan gambaran yang mengkhawatirkan bagi Barca dengan fakta bahwa salah satu pemain dari duet mematikan tersebut kini memilih hengkang.

x

Check Also

2 Besar Top Skor Sementara La Liga Dikuasai Oleh Para Pemain Real Madrid

Jakarta -Pada pkan ke 12 La Liga, Sabtu (30/10/2021), Real Madrid bertandang ke markas Elche. ...