Home > Berita Liga Indonesia > Arema FC > Dokter Tim Arema FC Menilai Sudah Resiko Pemain Sepakbola Tertular Covid-19

Dokter Tim Arema FC Menilai Sudah Resiko Pemain Sepakbola Tertular Covid-19

Malang – Jelang dimulainya kembali lanjutan Liga 1 2020 di tengah masih maraknya pandemi Covid-19, khususnya di Pulau Jawa, dokter tim Arema FC, dr. Nanang Tri Wahyudi Sp.KO mengungkapkan bahwa pemain sepak bola juga memiliki risiko tertular.

“Kami menilai bahwa wajar akan ada yang terpapar pada masa pandemi ini,” kata Nanang.

“Di luar negeri, yang notabene lebih canggih dan higienis pun, pemain sepak bola juga banyak yang terpapar,” sambungnya.

Meski demikian, spesialis keolahragaan lulusan Universitas Indonesia tersebut menjelaskan, ada sejumlah hal yang harus dipersiapkan oleh tim medis klub untuk mencegah terjadinya klaster baru.

“Setelah terdeteksi, harus ada langkah isolasi,” jelas Nanang.

Sebelumnya, pemain belakang Persik Kediri, Andri Ibo, diberitakan telah terpapar Covid-19 dan kini sedang menjalani isolasi di RS Kilisuci Kediri. Pemain asal Papua ini dalam kondisi baik karena tanpa menunjukkan gejala apa pun.

Menurut Nanang, pemain sepak bola yang terpapar Covid-19 kemungkinan tidak menunjukkan gejala karena kondisi daya imunitas mereka yang di atas rata-rata.

“Kita hampir tak pernah mendengar pesepak bola yang sampai parah usai terinfeksi Covid-19. Yang parah kan orang dengan komorbid atau sistem imunnya rendah,” ucap Nanang.

“Yang mengkhawatirkan adalah karena sebagian besar tak menunjukkan gejala. Semoga dari operator bisa menjalankan tes bagi para pemain ini,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Penyerang Andalan Arema Bermasalah Lagi Dengan Lutut

Malang – Menjelang kick off lanjutan shopee Liga 1 2020 pada 1 Oktober mendatang, penyerang ...