Home > Berita Liga Inggris > Chelsea > Deretan Pemain Yang Dibeli Chelsea Dengan Harga Mahal

Deretan Pemain Yang Dibeli Chelsea Dengan Harga Mahal

Chelsea memecahkan rekor transfer untuk mendatangkan Kai Havertz. Tapi, The Blues patus was-was karena mereka sering tidak bagus dalam hal ini. Havertz dibawa dari Bayer Leverkusen dengan banderol 70 juta euro, yang nantinya bisa bertambah jadi 100 juta euro kalau memenuhi klasusul tertentu.
Havertz dikontrak lima tahun oleh klub London Barat itu.

Kedatangan Havertz tentu menegaskan ambisi Chelsea bersaing di jalur juara musim depan. Apalagi mereka sudah membeli lima pemain baru sebelumnya termasuk Timo Werner, Hakim Ziyech, dan Ben Chilwell yang menghabiskan lebih dari 200 juta paun. Havertz tentu jadi sorotan utama mengingat Chelsea sudah memecahkan rekor transfer untuk membawanya.

Performa hebat pemain 19 tahun itu musim lalu dengan 18 gol dan 9 assist jadi alasan mengapa Chelsea berani membayar semahal itu. Tapi, Chelsea patut mengingat juga track record mereka saat belanja pemain dengan harga mahal. Sebelum Havertz ada, ada 5 pembelian termahal Chelsea dan ironisnya kebanyakan gagal.

Ketiganya adalah kiper Kepa Arrizabalaga, Alvaro Morata, dan Fernando Torres. Kepa sebelumnya adalah pemain termahal Chelsea saat dibawa dengan harga 71,6 juta paun dari Athletic Bilbao pada 2018. Setelah tampil bagus di musim pertamanya dan membawa Chelsea juara Liga Europa, performa Kepa menurun drastis musim ini.

Kepa bahkan dicatat Opta kebobolan 11 gol lebih banyak dari yang seharusnya dia dapat, terburuk di antara kiper-kiper seluruh divisi profesional Inggris musim lalu. Alhasil masa depan Kepa sekarang jadi spekulasi karena Chelsea akan membeli penjaga gawang anyar. Kabarnya penjaga gawang . . . . . . Ajax Amsterdam Andre Onana atau kiper Burnley Nick Pope jadi incaran. Morata pun beg saat dibeli menggantikan Diego Costa pada musim 2017/2018.

Morata dibawa dari Real Madrid dengan harga 58 juta paun, tapi cuma bertahan 1,5 musim dengan total 24 gol dari 72 penampilan. Morata kehilangan tempat saat Maurizio Sarri datang dan dilepas permanen ke Atletico Madrid awal musim ini dengan harga sama. Terakhir tentu paling diingat adalah Fernando Torres.

Dibeli dengan 50 juta paun dari Liverpool Januari 2011, Torres diharapkan bisa mengulang ketajamannya di Chelsea. Memang Torres punya banyak trofi bareng Chelsea, tapi dari segi penampilan, dia dikritik habis karena menurun drastis dan cuma membuat 45 gol selama empat tahun di sana. Torres dilepas cuma-cuma ke AC Milan pada 2015.

Dua pembelian mahal lain yang terbilang sukses adalah Christian Pulisic yang membuat 11 gol dari 34 penampilan musim lalu setelah digaet dari Borussia Dortmund dengan harga 58 juta paun, dan Jorginho yang jadi andalan Chelsea di lini tengah usai dibeli 57 juta paun dari Napoli dua musim lalu.

x

Check Also

Turin

Minati Bek Juventus, Chelsea Berada di Antrian Terdepan

Turin – Raksasa Premier League Chelsea dikabarkan menjadi yang terdepan dalam perburuan bek Juventus, Matthijs ...