Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > Bukti Finansial Barcelona Sangat Ditopang Oleh Messi

Bukti Finansial Barcelona Sangat Ditopang Oleh Messi

Keuntungan Barcelona dari mempertahankan Lionel Messi tidak hanya berasal dari atas lapangan saja. Melainkan juga dari luar lapangan yang berkaitan dengan pundi-pundi uang klub. Sebenarnya, Barcelona bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar kalau membiarkan sang bintang pergi. Minimal uang senilai 100 juta euro bisa mereka kantongi seiring langkah kaki Messi menuju pintu keluar Camp Nou.

Angka segitu hanya berasal dari nilai transfer saja. Mereka pun bisa memiliki ruang yang besar dalam pembukuan gaji pemain, karena mereka harus membayar Messi dengan nominal bayaran setinggi langit. Tapi Barcelona memilih untuk mempertahankan Messi. Secara sekilas, ini memberikan kerugian besar kepada klub berjuluk Blaugrana itu. Karena mereka bisa melihatnya pergi dengan status bebas transfer musim depan.

Kenyataannya, Barcelona tidak rugi-rugi amat kalau Messi bertahan. Marca menemui sejumlah pebisnis handal untuk mendiskusikan dampak bertahannya Messi dari sisi finansial, salah satunya Carlos Canto dari SPSG Consulting.

“Dari level tiket, ada turis yang siap membayar 200 atau 300 euro untuk melihat pemain terbaik di dunia,” kata Canto.

“Sekitar lima atau 10 persen turis punya Barcelona sebagai prioritas utamanya. Kalau pemain terbaik di dunua tidak ada di sana, itu juga bisa . . . . . . memberikan dampak kepada kota,” jelas sang CEO SPSG Consulting itu.

Bukan dari segi tiket semata, keuntungan juga bisa didapatkan oleh Barcelona dari penjualan jersey Messi. Rayde Luis Baez dari The Connect mengatakan kalau hasil penjualan jersey Messi saja sudah mencapai dua juta euro.

“Kami harus mengingat kalau penjualan seragam Messi, kalau saya tidak salah, memiliki nilai sekitar dua juta euro. Itu besar, dan tidak dapat dikembalikan dengan sangat cepat,” katanya.

Lalu ada juga faktor sponsor. Andaikata Messi benar-benar meninggalkan Barcelona, nilai sponsor klub bisa terjun bebas sampai 30 persen.

“Saya membayangkan Barcelona punya berbagai kontrak aktif dengan klausul yang memperhitungkan Messi. Pada hari saat dia pergi, akan ada penurunan nilai sponsor klub beberapa memperkirakan sampai 30 persen,” kata Baez.

x

Check Also

Koeman

Segini Jumlah Pesangon Yang Akan Dibayarkan Barcelona Ke Ronald Koeman

Barcelona – Pada akhir Oktober lalu Barcelona memutuskan untuk menghentikan Ronald Koeman sebagai pelatih Barca, ...