Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > Ansu Fati, Pemain 17 Tahun Yang Memiliki Bandrol Rp 6,89 Triliun

Ansu Fati, Pemain 17 Tahun Yang Memiliki Bandrol Rp 6,89 Triliun

Barcelona secara resmi mengumumkan Ansu Fati masuk ke tim utama pada Rabu (23/9/2020). Pemain 17 tahun itu sudah berlatih dan bermain untuk tim senior sejak awal musim 2019-2020.

Diangkat ke tim utama pada musim 2019-2020 oleh mantan pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, Fati yang masih berusia 16 tahun sanggup mendulang 7 gol dari 24 pertandingan di Liga Spanyol.

Penampilan gemilang Fati sempat menarik perhatian klub-klub besar Eropa lain seperti Manchester United yang dikabarkan menawari Barca 100 juta euro atau sekitar Rp 1,74 triliun demi mendapatkan servisnya.

Performa gacor di klub juga sejalan dengan performa di timnas Spanyol. Terbaru, pemain 17 tahun itu menorehkan tinta emas bersama timnas Spanyol saat melawan Ukraina pada pertandingan UEFA Nations League 2020.

Dalam kemenangan 4-0 La Furia Roja atas timnas Ukraina di pertandingan kedua Liga A Grup 4 UEFA Nations League 2020, Fati turut menyumbang satu gol. Sekarang, Fati diganjar kepercayaan untuk menjadi anggota tetap tim senior dan akan mengenakan nomor anyar, 22.

Itu artinya, Barcelona akan mendaftarkan Ansu Fati dalam 25 pemain di tim senior kepada RFEF untuk musim 2020-2021. Tidak cuma itu, Barcelona memagari Ansu Fati dengan klausul pelepasan yang fantastis, 400 juta euro (Rp 6,98 triliun)!

Sebelumnya, nomor punggung 22 dipakai oleh Arturo Vidal, yang sekarang sudah merampungkan kepindahan ke Inter Milan. Sebelumnya sempat ada keraguan soal masa depan Ansu Fati saat Lionel Messi memutuskan bertahan di . . . . . . Barcelona.

Tapi pada akhirnya Barcelona menepati janji sesuai kontrak yang sudah ditandatangani Desember 2019 lalu. Saat itu, Fati masih terikat kontrak sampai akhir 2022 di Barcelona, tapi pihak klub ingin mengikatnya lebih lama lagi.

Dalam kontrak itu, terdapat klausul yang mengatakan kalau Barcelona bisa otomatis menambah durasi kontrak Fati kalau ia mendapatkan nomor punggung di skuad utama. Bagaimanapun, kontrak Fati masih berdurasi sampai 2022 mendatang.

Hal ini dikarenakan Ansu Fati masih berusia 17 tahun, di bawah ketentuan usia seorang pemain untuk dikontrak jangka panjang. Pemain di bawah 18 tahun menurut aturan tidak bisa dikontrak lebih dari 3 tahun.

Debut Fati menggunakan nomor punggung 22 tidak akan lama lagi terjadi. Dikutip dari Marca, Ansu Fati sudah bisa bermain melawan Villarreal menggunakan nomor 22, Minggu (27/9/2020).

“Saya akan terus bekerja dan boslah yang memutuskan siapa yang bermain,” kata Fati dikutip dari Marca awal September silam.

“Saya akan berlatih sepenuhnya dan kalau ada kesempatan, saya akan mencoba memanfaatkannya sebaik mungkin,” kata Fati.

x

Check Also

Lautaro Martinez Pilih Tolak Ajakan Lionel Messi Untuk Gabung Barcelona Demi Bertahan Di Inter Milan

Jakarta – Beberapa tahun yang lalu sempat berhembus rumor kepindahan Lautaro Martinez ke Barcelona tepatnya ...