Home > Berita Bola > Usai Bundesliga, Kini Liga Inggris Menyusul Menerapkan Kebijakan Laga Dihadiri Penonton

Usai Bundesliga, Kini Liga Inggris Menyusul Menerapkan Kebijakan Laga Dihadiri Penonton

Pihak Liga Inggris sudah menerapkan beberapa aturan ketat yang wajib dipatuhi saat memulai musim 2020-2020 dengan dihadiri penonton di stadion. Liga Inggris musim 2020-2021 akan resmi bergulir mulai tanggal 12 September 2020 mendatang. Tepatnya, setelah jeda internasional pada 5 September dan Community Shield yang akan diadakan pada 29 Agustus besok.

Bila sebelumnya Bundesliga Jerman sudah menetapkan bahwa pertandingan musim depan akan dihadiri penonton, sekarang Liga Inggris juga menyusul menerapkan kebijakan itu. Hal ini tentunya menjadi sebuah kabar gembira bagi para pencinta sepak bola Inggris, terutama yang sudah rindu untuk datang ke stadion dan mendukung tim kesayangannya bermain.

Kebijakan membolehkan pertandingan dihadiri penonton ini akan diujicobakan pada bulan Oktober. Tapi, pihak penyelenggara tetap menerapkan sejumlah protokol ketat demi menekan angka penularan virus corona yang masih mewabah di Inggris. Dilansir dari Sun Sport, terdapat enam aturan yang wajib dipatuhi para pendukung tim Liga Inggris saat mereka datang ke stadion. Selain mengurangi kapasitas penonton di dalam stadion, dipasang pula stasiun hand sanitizer di beberapa titik.

Kapasitas Penonton Dikurangi

Tentunya ini akan menjadi tantangan besar bagi klub-klub besar, seperti Manchester United dan Arsenal yang memiliki stadion masing-masing, Old Trafford dan Emirates, dengan kapasitas 75 ribu penonton. Tapi demi mengurangi angka kasus virus Covid-19, kedua klub harus membatasi jumlah penonton sampai sekitar 25 persen, dengan angka resmi belum ditentukan.

Dengan persentase pengurangan ini, Arsenal mungkin hanya akan menampung sekitar 15 ribu penonton, Anfield yang merupakan markas Liverpool menampung sekitar 13.300, dan Man United memuat 18.719.

Sistem Satu Arah

Seperti pub dan tempat umum lain yang sudah dibuka kembali, sistem satu arah juga akan diberlakukan untuk menjaga jarak sosial. Sesama penggemar juga wajib . . . . . . menjaga jarak saat masuk melalui pintu putar dan menghindari penggemar yang akan keluar dari stadion.

Tidak Ada Nyanyian

Biasanya para penonton akan bernyanyi selama pertandingan untuk mendukung timnya, tapi di musim depan tidak berlaku. Sejumlah pakar kesehatan di Inggris menyarankan agar orang-orang tidak bersuara demi menghindari penyebaran partikel ludah yang menularkan virus Covid-19.

Kode Perilaku

Pendukung diminta menandatangani formulir sebelum pertandingan yang berisi pernyataan bahwa mereka tidak menunjukkan gejala virus corona. Selain itu isi pernyataan itu juga berbunyi penggemar tidak akan menuntut secara hukum terhadap klub kalau mereka tertular virus.

Tempat duduk berjarak

Dengan pengurangan kapasitas penonton, maka tempat duduk tribun stadion akan dibuat dengan sistem berjarak dua meter dari pendukung lainnya. Aturan ini berlaku bila seorang pendukung datang ke pertandingan dengan anggota keluarga.

Waktu kedatangan tidak bergerombol

Untuk memastikan pendukung menjaga jarak sosial, klub akan memberikan waktu kedatangan dalam waktu dekat. Waktu kedatangan akan disesuaikan dengan di bagian tribun mana mereka akan duduk. Klub tidak menyarankan para pendukung datang bergerombol agar tidak berdesak-desakan saat mencoba mendapatkan tempat duduk mereka.

Stasiun Sanitiser

Terakhir, klub Liga Inggris wajib menyediakan area sanitizer di beberapa titik di dalam dan di luar stadion, termasuk tempat cuci tangan dan hand sanitizer untuk memastikan kebersihan, kesehatan dan keselamatan pendukung.

x

Check Also

Direktur Marca Langsung Terbang Ke Paris Untuk Serahkan Trofi Pichichi Ke Lionel Messi

Jakarta – Pada Senin (29/11), Lionel Messi menerima trofi Pichichi kedelapan dari Direktur Marca Juan ...