Home > Berita Liga Indonesia > Supardi Berharap Klub Liga 1 Tak Bermain Ala Kadarnya di Lanjutan Kompetisi

Supardi Berharap Klub Liga 1 Tak Bermain Ala Kadarnya di Lanjutan Kompetisi

prediksi jitu

Bandung – Pemain andalan sekaligus kapten Persib Bandung Supardi berharap seluruh kontestan Liga 1 2020 tidak hanya sekadar tampil memenuhi kewajiban melakoni laga saat kompetisi sepakbola terbaik di Indonesia ini dilanjutkan kembali pada 1 Oktober.

PSSI telah memutuskan degradasi dihapuskan pada kompetisi tahun ini, karena berlangsung dalam kondisi luar biasa akibat wabah virus Corona. Sejumlah kalangan menilai tanpa adanya degradasi membuat atmosfer persaingan berkurang, karena klub tidak memiliki beban, terutama tim papan tengah dan bawah.

Supardi menuturkan, ia khawatir persaingan di Liga 1 tahun ini tidak akan ketat seperti kompetisi pada umumnya. Menurut Supardi, beberapa tim dipastikan hanya ingin bermain aman saja.

“Sebenarnya kurang pas saja persaingan tanpa degradasi, seperti tidak adil, daya pemikatnya kurang. Ketika tahu keadaan ini, semua tim akan bermain aman. Mungkin tim-tim papan atas sudah fokus ke juara setelah berapa pertandingan,” ujar Supardi.

“Tapi kalau tim yang agak susah naik, mereka mungkin berpikir main aman saja. Sebab, meski di [papan] bawah, tidak ada yang gerogotin. Yang [di papan] tengah, tidak ada bedanya. Pembedanya mungkin posisi 18, dan satu serta dua saja.”

Walau menyebut tidak tahu alasan PSSI mengambil keputusan itu, Supardi lebih memilih degradasi tidak dihapuskan. Di lain sisi, Supardi juga bisa memahami kondisi yang sedang terjadi saat ini.

“Ini kebijakan dari pusat, dan ini menyangkut masalah force majeure atau [virus] Corona. Saya enggak tahu pertimbangannya. Tapi kalau pendapat pribadi, harusnya ada degradasi, namanya juga kompetisi. Kalau ada degradasi, semua bersaing, tengahnya juga deg-degan,” tutur Supardi.

Pemain Persib telah melakoni polymerase chain reaction (PCR) swab test beberapa waktu lalu. Sementara Supardi bersama bek naturalisasi Victor Igbonefo baru menjalani tes kemarin.

“Supardi dan Victor sudah melakukan tes. Hasilnya dua atau tiga hari ke depan. Tinggal Zulham [Zamrun] yang belum,” kata dokter tim, M Rafi Ghani. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Penjelasan Polri Terkait Tak Diterbitkannya Izin Liga 1 dan Liga 2 2020

Jakarta – PSSI dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) memutuskan untuk membatalkan kompetisi Liga 1 dan ...