Home > Berita Bola > Stadion di Indonesia Ini Terlantar dan Nasibnya Memprihatinkan

Stadion di Indonesia Ini Terlantar dan Nasibnya Memprihatinkan

Perkembangan sepak bola Indonesia memang berkembang pesat. Hampir beberapa aspek mengalami peningkatan walaupun harus tetap mengalami pembenahan. Di tengah hingar bingar percaturan sepak nasional masalah insfrakstuktur tetap menghatui. Padahal fasilitas menjadi hal penting dalam mengembangkan potensi pemain muda.

Walau terkesan kekurangan tempat untuk berlatih teryata ada beberapa stadion di tanah malah tidak terurus. Biasanya tempat itu ditinggalkan karena kurang ada pendanaan oleh pihak klub. Kondisinya tragis tidak terurus membuat siapa saja yang melihat pasti akan sedih. Lalu seperti apa stadion terlantar tersebut? mari simak ulasannya berikut.

Stadion Ludung Mengkong

Pasca terjadi Tsunami di Aceh ada berjuta-juta bantuan untuk para korban di sana. Begitu huga datang dari FIFA yang memberikan sumbangan memulihakan persepakbolaan Aceh. Selain pembangunan markas Persiraja mereka juga mendirikan Stadion Ludung Mengkong. Bangunan itu didirikan di daerah Aceh Selatan yang digadang-gadang terbesar di sana.

Menghabiskan dana-dana miliaran saat pembangunan sekarang nasibnya begitu mengenaskan dengan beberapa beton mulai rapuh banyak ditumbi jamur.
Tidak hanya itu kontruksi bangunan juga banyak ditumbi rumput-rumput liar. Semakin suram karena mangkrak dari tahun 2009 lalu.

Stadion Gelora Ambang

Nama, Persibom Bola Mongodow menjadi klub sepak bola asal Sulawesi yang terkenal namanya. Pada tahun 2000 an kehadirannya bisa memberi warna untuk kompetisi nasional. Tapi, cerita dibalik itu semua sekarang telah hilang dengan jarangnya melihat Persibom. Nasib suram itu teryata berimbas pada stadion kebangaannya Gelora Ambang yang sekarang tidak terumat.

Dilansir dari laman JawaPoS, tribun stadion ini bagian depan sudah beralih fungsi menjadi rumah warga dan tribun barat layaknya gelondongan kayu di hutan. Tidak itu saja bagian atap tribun juga rusak parah dengan rumput liar . . . . . . menghiasi.

Stadion Tantemak Ketapang

Mungkin nama stadion ini sangat jarang terdengar oleh pencinta bola tanah air. Seperti beberapa stadion tadi, Tantemak Ketapang juga memiliki nasib yang miris. Bangunan olahraga tidak layak di pakai dengan kondisinya banyak tumpukan sampah. Semakin memprihatinkan dengan adanya kerusakan pada bagian fasilitas stadion.

Parahnya stadium Tantemak Ketapang banyak digunakan oleh warga untuk tempat tinggal dan menaruh barang-barang bekas. Lokasi stadion ini terletak Jalan Gatot Subroto, Desa Panyak Kumang Kecematan Delta Pawan Kalimantan.

Stadion Purnawarman Purwarkarta

Nasib miris juga dialami oleh mantan stadion tim besar ini. Setelah ditinggal oleh Pelita Jaya stadion ini menjadi tidak berpenghuni. Keadan hal itu membuat markas tim besar ini sekarang banyak ditumbuhi rumput liar disekitaran stadion. Tidak berhenti di situ pada tengah lapangan juga banyak tumbuh tubuhan liar.

Hampir seluruh bangunan pada stadion kotor dan tidak terurus lagi. Sungguh ironis melihat hal ini, pasalnya sebelum kejadian itu Stadion Purnawarman Purwakarta merupakan home base tim besar. Berbagai cerita rusaknya stadion menjadi hal yang sangat memilikukan.

Apabila kita melihat Indonesia yang masih banyak kekurangan fasilitas. Hal ini semakin menunjukan bagaimana gambaran sepak bola kita saat ini. Perbaikan merupakan hal yang wajib dilakukan untuk membuat Indonesia dapat berjaya.

x

Check Also

Sudah Pensiun Belum Ya ? Jika Cristiano Ronaldo Main Di Piala Dunia 2026

Jakarta – Perjalanan Portugal ke Piala Dunia 2022 Qatar akan dihadapkan dengan laga berat, mereka ...