Home > Berita Bola > Sidoarjo Akan Punya Klub Sepakbola Baru

Sidoarjo Akan Punya Klub Sepakbola Baru

Sidoarjo akan punya klub sepak bola baru. Presiden Golden Tulip Indonesia Erick Herlangga yang akan mendirikannya. Nama, logo, hingga konsep manajerial sudah disiapkan.

Berikut wawancara presiden klub basket Louvre Surabaya itu dengan wartawan Jawa Pos Bagus Putra Pamungkas.

Ada informasi Anda akan membeli Deltras Sidoarjo. Apakah benar?

Benar. Kami sudah sempat melakukan pertemuan dengan pihak klub. Sudah tanya soal harga juga.

Lalu, apa keputusannya?

Kalau ditanya berapa persen kemungkinan saya mengakuisisi Deltras, jawabnya adalah nol persen! Sudah tidak mungkin saya membeli Deltras.

Apa alasannya?

Karena saya harus membayar utang-utang lama. Saya nggak tahu nominalnya berapa. Tapi, menurut penasihat keuangan saya, harganya lebih mahal ketimbang mengakuisisi klub Liga 2. Padahal, Deltras masih di Liga 3 dan musim ini nggak ambil bagian juga.

Jadi, apakah tetap ingin masuk ke dunia sepak bola?

Tentu saja. Saya ingin ikut memajukan sepak bola, khususnya di Sidoarjo. Kenapa? Karena keluarga besar saya masih ada keturunan Sidoarjo. Lagi pula, saya ini penggemar Persebaya (Surabaya). Jadi, kalau bikin klub sepak bola, nggak usah jauh-jauh dari Surabaya.

Lantas, apa solusinya?

Ada dua opsi. Pertama, saya harus mengakuisisi Deltras. Tapi, opsi itu sudah tidak mungkin saya ambil. Lalu, ada opsi kedua. Yaitu, bikin klub sendiri. Nah, opsi ini yang akan saya lakukan. Saya akan bikin klub secara mandiri. Basisnya tetap di Sidoarjo.

Kapan dimulai proses pendirian klub tersebut?

Erick: Tahun ini sudah harus jalan. Termasuk mulai jalan untuk bikin PT-nya. Harapannya, tahun depan tim sudah bisa ikut ambil bagian di Liga 3 Jatim. Semua sudah saya siapkan. Mulai nama sampai logo.

Berarti sudah ada nama yang dipilih?

Sudah ada dua nama yang masuk pertimbangan. Yaitu, antara Delta Sidoarjo atau Sidoarjo FC. Tinggal nanti mana yang terbaik. Logo mungkin dalam waktu dua pekan sudah jadi.

Lalu, dari mana sumber dana klub berasal?

Saya sudah punya plan. Minimal klub bisa survive dalam lima tahun ke depan. Untungnya, saya sudah dapat sponsor untuk klub yang bahkan belum berdiri. Mereka langsung mau jadi sponsor kami karena tahu . . . . . . kinerja saya selama di basket dan e-sport di Louvre. Jumlahnya? Nggak usah disebut lah.

Nah, apakah konsep yang diterapkan di basket akan dibawa ke sepak bola?

Jadi gini, saya punya konsep yang sama. Baik saat menangani hotel maupun tim basket. Saya ini hanya bagian dari manajemen. Jadi, saya tidak punya hak untuk mencampuri kebijakan dalam sebuah tim basket.

Jadi, hanya fokus dengan porsi kerja Anda?

Benar. Contohnya di tim basket Louvre. Saya itu nggak ngerti basket. Nggak paham bagaimana bikin tim yang kuat. Makanya, saya serahkan semua itu kepada pelatih. Tugas saya hanya membuat tim basket kami jadi populer. Bagaimana mengembangkan brand agar klub menarik bagi fans. Dan bagaimana brand ini banyak sponsornya.

Hal itu yang akan Anda terapkan di klub baru?

Iya. Jadi, setiap tim olahraga punya tim di lapangan yang bertugas menaikkan prestasi. Lalu, ada tim manajemen. Bagi saya yang ada di manajemen, saya akan berusaha menaikkan brand valuation. Jadi misal nama timnya Sidoarjo FC. Tugas saya adalah bagaimana membuat brand ini yang awalnya nilainya nol jadi bernilai 100 (sempurna). Itu spesialisasi saya.

Cukup menarik. Tapi, bagaimana Anda meyakinkan suporter di Sidoarjo untuk mencintai klub baru?

Makanya, saya akan menggandeng seluruh elemen suporter di Sidoarjo. Saya akan merangkul semua. Saya minta izin suporter untuk bikin klub baru. Yuk bareng-bareng memajukan sepak bola di Sidoarjo.

Lalu, bagaimana jika suporter menolak?

Kalau suporter menolak, saya nggak akan bikin klub baru. Karena restu merekalah yang paling penting. Tapi, sejauh ini kami sudah melakukan beberapa pertemuan dan silaturahmi. Respons mereka bagus kok.

x

Check Also

Juria Hartmans Model Canti Yang Dirumorkan Jadi Kekasih Bos Persikota Tangerang

Jakarta – Usai menyandang status duda,bos Persikota Tangerang, Gading Marten dirumorkan dekat dengan beberapa wanita. ...