Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > Sejarah Baru Menanti PSG Jika Mampu Juarai Liga Champions

Sejarah Baru Menanti PSG Jika Mampu Juarai Liga Champions

Setengah abad penantian panjang Paris Saint Germain (PSG) untuk bertanding pada partai puncak Liga Champions Eropa akhirnya tuntas dengan keberhasilan menembus final kompetisi antarklub paling prestisius itu. Penantian lama itu bisa berakhir paripurna dengan sejarah baru andai Les Parisien bisa menundukkan raksasa Jerman Bayern Munich final melawan di Estádio da Luz, Lisbon, Portugal, Senin 24 Agustus 2020 dini hari WIB.

PSG sedang dalam kondisi terbaik untuk mengukir sejarah. Sebelum untuk pertama kalinya menjejak final Liga Champions Eropa, Les Parisien sudah lebih dulu menyapu bersih gelar domestik. PSG menjuarai Ligue 1, Coupe de France, Coupe de la Ligue dan Trophée des Champions. Maka apabila berhasil menjadi juara di Liga Champions Eropa untuk pertama kalinya, Les Parisien juga akan mengukir sejarah lainnya, yaitu merengkuh lima trofi sekaligus dalam satu musim.

8 kemenangan beruntun di seluruh kompetisi menandakan stabilitas performa PSG menjelang duel krusial melawan Munich. Kwartet penyerangan PSG, yakni Neymar, Kylian Mbappe, Mauro Icardi, dan Angel Di Maria sedang dalam kondisi prima. Pemain bek tengah sekaligus kapten tim Thiago Silva akan memimpin lini pertahanan. Pulihnya kiper andalan Keylor Navas dan pemain Marco Verratti juga dipastikan akan membuat Les Parisien lebih tangguh untuk meladeni dominasi Bayern.

Dengan performa stabil dan kondisi terbaik para pemainnya, Pelatih PSG Thomas Tuchel yakin PSG akan bisa merepotkan Bayern Munich. Menumbangkan Die Roten, bagi Tuchel, bukanlah perkara mustahil buat PSG.

“Kami tahu bahwa Bayern adalah favorit, tapi ini adalah dunia sepakbola. Pertandingan ini akan menjadi tantangan terbesar dalam perjalanan karier saya di hari Minggu nanti,” kata Tuchel.

Seperti kata Tuchel, Bayern memang merupakan favorit kandidat juara Liga Champions musim ini. Kedigdayaan Die Roten tentu saja menjadi parameternya. Tim pimpinan Hans-Dieter Flick itu selalu menang dalam 20 pertandingan beruntun. Ditarik lebih jauh lagi, Bayern sudah menang 32 kali dari 35 pertandingan kompetitif terakhirnya di semua . . . . . . kompetisi dengan mencetak 115 gol.

Selain kuat dalam penyerangan, Die Roten juga sangat tangguh dalam urusan bertahan. Buktinya, gawang Manuel Neuer hanya kebobolan 26 kali dalam kurun waktu itu. Yang pasti, dominasi dan agresivitas permainan Die Roten sedang dalam fase terkuat. Robert Lewandowski dan kawan-kawan selalu mencetak gol pada interval babak pertama dalam 14 pertandingan beruntun dan bisa mencetak gol dalam dua babak dalam lima pertandingan terakhir.

Saat Die Roten beraksi, minimal tiga gol tercipta di akhir pertandingan. Demonstrasi keperkasaan Bayern terpampang jelas saat menggasak Barcelona 8-2.
Walaupun kemudian dinilai menurun, Bayern tetap memamerkan keganasan mereka saat menundukkan Lyon 3-0 untuk mengunci tiket final. Selain Lewandowski yang sudah bikin 15 gol di Liga Champions musim ini, Bayern juga akan tetap mengandalkan Thomas Mueller, Serge Gnabry, Ivan Perisic, dan Coutinho untuk mencecar pertahanan PSG. Pelatih Bayern Munich Hansi Flick menegaskan, timya akan membuat PSG berada di bawah tekanan sepanjang pertandingan.

“PSG adalah tim yang hebat, mereka berjuang menuju semifinal dan kemudian mencapai final. Kami tahu mereka memiliki pemain yang cepat. Kami akan berusaha mengatur pertahanan kami. Kami tahu kekuatan terbesar kami adalah menempatkan lawan di bawah tekanan,” kata Hansi Flick dikutip dari situs resmi UEFA.

Setali tiga uang dengan PSG, Bayern juga sedang memburu sejarah dengan menyapu bersih gelar. Setelah mengamankan gelar juara Bundesliga dan Piala Jerman, Manuel Neuer dan kawan-kawan berambisi meraih treble dengan merajai Eropa, mengulang pencapaian emas treble pada 2013 lalu.

x

Check Also

Femeni Alexia Putellas

Femeni Alexia Putellas Dari Barcelona Meraih Penghargaan Women’s Ballon d’Or 2021

Jakarta – Femeni Alexia Putellas dinobatkan sebagai pemenang penghargaan Women’s Ballon d’Or 2021, dirinya merupakan ...