Home > Berita Bola > Saat Masih Jadi Mahasiswa, RD Pernah Latih Pemain Top

Saat Masih Jadi Mahasiswa, RD Pernah Latih Pemain Top

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, termasuk salah satu pelatih kawakan dalam dunia sepak bola Indonesia. Pelatih asal Lampung itu sudah menjadi juru taktik selama kurang lebih 22 tahun sejak 1998. Rahmad Darmawan mengawali kariernya sebagai asisten pelatih di Persikota Tangerang pada 1998. Selanjutnya, pria yang akrab disapa RD itu memulai petualangannya sebagai arsitek di banyak tim.

Setidaknya RD sudah melatih lebih dari 10 tim yang berbeda. Mantan pelatih Persija Jakarta itu juga sempat merasakan menjadi pelatih timnas U-23 Indonesia dan asisten pelatih timnas Indonesia. Di balik karier kepelatihannya yang cukup cemerlang, RD ternyata sudah mulai melatih klub sepak bola sejak masih menjadi mahasiswa.

Sebagai informasi, RD merupakan lulusan dari Fakultas Olahraga IKIP Jakarta. Dalam bincang-bincang di kanal Youtube Hanif & Rendy Show, RD bercerita bila dirinya sudah belajar melatih sejumlah klub amatir saat masih mengerjakan skripsi.

“Saat saya cedera pada tahun 1990, saya lagi skripsi saya juga sudah belajar melatih beberapa klub,” katanya dilansir dari Youtube Hanif & Rendy Show.

“Mahasiswa saya latih, (klub) Bank Indonesia saya latih,” katanya.

Tidak tanggung-tanggung, saat . . . . . . melatih klub Bank Indonesia, RD juga melatih sejumlah pemain top Indonesia. Mereka adalah para mantan pemain timnas Indonesia seperti Aji Ridwan Mas dan Azhari Rangkuti.

“Waktu melatih Bank Indonesia saya shock juga karena yang saya latih senior semua, pemain nasional.”

“Ada Aji Ridwan Mas, Azhari Rangkuti, semua pemain top saat itu,” katanya.

Menurut RD, para pemain top itu sangatlah profesional dalam menjalani kariernya sebagai pesepak bola. Walaupun hanya tampil di liga amatir, mereka semua tetap menunjukkan kualitasnya sebagai pemain hebat yang pernah dimiliki Indonesia.

“Waktu itu memang nggak mudah karena baru belajar melatih. Tapi mereka profesional, walau kami di liga amatir tapi mereka profesional,” kata RD.

x

Check Also

Soal Kritikan Lionel Messi Kurang Pantas Menangkan Ballon d’Or 2021, Cristiano Ronaldo Sepakat

Jakarta – Banyak pihak mengkritik soal terpilihnya Lionel Messi sebagai peraih Ballon d’Or 2021, karena ...