Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > Ronald Koeman Datang Ke Barcelona Dengan Diwarisi Deretan Masalah

Ronald Koeman Datang Ke Barcelona Dengan Diwarisi Deretan Masalah

Ronald Koeman resmi gabung dengan Barcelona dan di klub Catalan itu ia sudah ditunggu sejumlah masalah besar. Barcelona mengalami masa-masa sulit belakangan ini. Mereka sampai harus berganti pelatih dari Ernesto Valverde ke Quique Setien. Pergantian pelatih ini tidak membuahkan hasil yang diinginkan. Setien malah gagal membawa Lionel Messi dkk meraih gelar juara La Liga.

Hasil buruk juga diraih di Liga Champions. Blaugrana dipermalukan dengan skor 8-2 oleh Bayern Munchen di babak perempat final. Hasil itu membuat Barcelona merombak jajaran pelatihnya. Mereka sudah menggusur Setien dan menggantikannya dengan Ronald Koeman per hari Rabu (19/08/2020).
Koeman, yang sebelumnya bekerja sebagai arsitek timnas Belanda, harus langsung bekerja keras di Barcelona. Karena ada banyak masalah dan tugas berat yang harus ia selesaikan di Camp Nou.

Apa saja masalah dan tugas-tugasnya itu?

Pastikan Lionel Messi Bertahan

Tugas berat yang menanti Ronald Koeman yang pertama adalah memastikan Lionel Messi bertahan di Barcelona. Ini sangat krusial. Karena Messi adalah bintang utama Barcelona. Skema permainan Blaugrana pun tentu harus menyesuaikan dengan kehadirannya di lapangan. Messi sendiri sebelumnya mengisyaratkan untuk pergi. Ia masih tidak mau memperpanjang kontraknya yang tersisa satu tahun lagi.

Ia juga menyuarakan rasa tidak puasnya dengan keadaan di Blaugrana. Messi bahkan menyebut Barcelona sebagai “tim lemah” setelah kekalahan di kandang dari Osasuna bulan lalu. Kekalahan memalukan dari Bayern sudah memicu laporan di Amerika Selatan bahwa pemain berusia 33 tahun itu ingin pergi dan mengakhiri kebersamaannya dengan klub itu yang sudah terjalin 19 tahun.

Segarkan Tim

Tugas berat lainnya yang menunggunya adalah menyegarkan tim Blaugrana. Seperti yang diketahui, banyak pemain Barcelona yang saat ini mencapai usia di atas 30 tahun. Contohnya saja Gerard Pique (33 tahun), Jordi Alba (31 tahun), Luis Suarez (33 tahun), Sergio Busquets (32 tahun, Arturo Vidal (33 tahun), dan Ivan Rakitic (32 tahun). Tentu . . . . . . saja jangan lupakan Lionel Messi. Ia sekarang sudah berusia 33 tahun.

Faktor usia ini juga yang sepertinya ikut berkontribusi atas kegagalan Barca meraih gelar untuk pertama kalinya sejak musim 2007-08. Pique sendiri sempat mengakui bahwa usai kekalahan dari Bayern, tidak ada pemain yang nasibnya ‘aman’ di Camp Nou. Tapi tentu saja mengganti pemain itu tidak mudah. Sulit menemukan pemain yang hebat yang sesuai kriteria Barca. Kalau ada pun, mereka harganya akan mahal. Belum lagi saat ini Barca harus mengencangkan ikat pinggangnya. Karena kondisi keuangan klub kurang baik karena pandemi virus corona Covid-19.

Asah Permata La Masia

Ronald Koeman bisa memberikan nafas baru pada tim utama Barcelona. Caranya? Tentu saja dengan menyuntikkan para pemain akademi ke tim itu. Baik Setien maupun pendahulunya Ernesto Valverde tidak cukup berani memberikan lebih banyak waktu untuk pemain seperti Ansu Fati dan Riqui Puig. Bahkan nama yang disebut terakhir itu tidak diberi kesempatan tampil di Liga Champions musim ini. Setien bulan ini memblokir kedua pemain itu bermain untuk tim B sehingga mereka bisa fokus pada tim utama dan pertandingan Liga Champions melawan Napoli.

Barcelona B kalah dalam pertandingan melawan Sabadell, membuat mereka kehilangan promosi ke Divisi Segunda. Koeman sekarang harus memastikan kedua bintang muda itu terintegrasi dengan baik ke dalam tim utama Barcelona. Selain itu masih ada pemain muda lain seperti Carles Alena, Francisco Trincao dan Alex Collado yang bisa diliriknya.

x

Check Also

Alex Moreno Terpilih Menjadi Man Of The Match Dalam Laga Barcelona vs Real Betis

Jakarta – Barcelona harus menelan kekalahan 0-1 saat menjamu Real Betis di Camp Nou di ...