Home > Berita Liga Indonesia > PS Tira-Persikabo > Ribuan Suporter Membuat Bek Asing TIRA Persikabo Betah Berkarir di Indonesia

Ribuan Suporter Membuat Bek Asing TIRA Persikabo Betah Berkarir di Indonesia

Jakarta – Bek asing TIRA Persikabo Artyom Filiposyan mengajak pemain Uzbekistan untuk meniti karir di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, saat mereka mulai memasuki usia 30 tahun.

Filiposyan digaet oleh TIRA Persikabo pada awal musim 2020. Saat ini Filiposyan bukan satu-satunya pemain Uzbekistan yang merumput di Indonesia. Kompatriotnya, Javlon Guseynov, kini bergabung bersama Borneo FC.

Sebelumnya, beberapa pemain Uzbekistan sempat merasakan antusiasme sepakbola Indonesia, seperti Pavel Solomin, Pavel Purishkin, Dilshod Sharofetdinov, Pavel Smolyachenko, Jahongir Abdumominov, Shukurali Pulatov.

Filiposyan menyampaikan, berkarir di Indonesia bukan sebuah pengalaman buruk bagi pesepakbola. Kegairahan masyarakat Indonesia terhadap olahraga ini sangat tinggi, sehingga pemain yang pernah berseragam Prachuap di Liga Thailand itu merasa nyaman bermain di sini.

“Setelah bermain di Thailand, saya menerima tawaran dari Indonesia tanpa keraguan. Tapi kalau mau membandingkan, memang harus diakui Liga Thailand lebih baik. Sepakbola Indonesia sedang berusaha untuk berkembang, meski klub mereka tidak mengeluarkan banyak uang,” tutur Filiposyan dikutip laman Sports.

“Belakangan banyak pemain asing berkualitas bagus yang datang ke Indonesia. Di setiap pertandingan, tidak peduli bermain di manapun, stadion selalu dipenuhi suporter. Aspek seperti itu . . . . . . yang membuat saya merasa bahagia.”

Selain dari sisi atmosfer, finansial juga menjadi pilihan menarik bagi pesepakbola Asia Tengah. Menurut Filiposyan, pemain asing diganjar honor dengan kisaran antara 5.000 dolar Amerika Serikat, atau sekitar Rp 72,6 juta, hingga 10 ribu dolar (Rp145 juta).

“Kami mendapatkan bayaran yang bagus di Indonesia. Itulah sebabnya banyak pesepakbola yang datang ke Indonesia, Thailand, dan Malaysia setelah berusia 30 tahun. Namun sepakbola Indonesia berbeda dengan Uzbekistan,” ucap Filiposyan.

“Rata-rata gaji yang kami terima di sini berkisar dari 5.000 hingga 10 ribu dolar AS. Sekadar informasi, pemain seperti Michael Essien yang pernah bermain untuk Chelsea juga pernah bermain di sini.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Pelatih Pastikan Ciro Alves Tetap Bertahan di TIRA-Persikabo

Bogor – Pelatih Tira-Persikabo, Igor Kriushenko, memastikan nama pemain asing asal Brasil, Ciro Alves, akan ...