Home > Berita Bola > Prediksi Manchester City vs Lyon, Liga Champions, 16 Agutus 2020

Prediksi Manchester City vs Lyon, Liga Champions, 16 Agutus 2020

Lanjutan Liga Champions akhir pekan ini akan mempertemukan dua raksasa Eropa Manchester City dan Olympique Lyon di babak perempat final. Diadakan dengan format single match di Estadio Jose Alvalade, Lisboa, partai nanti akan jadi kesempatan hidup mati untuk kedua kesebelasan. Baik City maupun Lyon diyakini akan tampil habis-habis di pertandingan nanti. Mengingat, The Citizen berambisi meraih sukses untuk membawa trofi Liga Champions pertama mereka musim ini.

Sementara Lyon, akan mencoba mengukir rekor baru di perempat final UCL keempat mereka sepanjang sejarah. Jelang pertandingan, City kemungkinan besar belum bisa diperkuat mesin gol andalannya, Sergio Aguero. Pemain asal Argentina itu masih berjuang untuk sembuh setelah naik meja operasi akibat cedera lutut yang dialaminya.

Duel Ketat

Pertandingan nanti diperdiksi akan berjalan ketat. Skuad besutan Josep Guardiola yang dikenal sering mengusung skema menyarang akan berhadapan dengan Lyon yang lumayan dinamis serta solid dalam sisi pertahanan. Walau City diunggulkan, tapi Les Gones bukanlah lawan yang bisa dianggap sebelah mata.

Sejarah mencatat, di Liga Champions 2018/19, mereka pernah menyulitkan di The Citizen. City bahkan tidak sekalipun menang karena takluk di Etihad dan harus puas dengan hasil imbang 2-2 saat berkunjung ke Groupama Stadium di fase grup. Pelatih City, Pep Guardiola bahkan paham betul dengan kehebatan calon lawannya itu. Pernah dibuat kesulitan, dia tidak ingin menganggap enteng Lyon demi bisa terus melaju ke partai puncak.

“Lyon masih ada di kompetisi ini. Pada musim lalu, kami kalah dari mereka dan kemudian hanya meraih hasil imbang. Kami tidak bisa mengalahkan mereka, itulah kenyataannya.”

“Rudi Garcia sangat mengenal timnya. Saya tahu betul kapasitas dari pelatih ini. Dia pernah melatih di beberapa negara yang berbeda,” kata Guardiola.

Pemain Kunci City Vs Lyon

Akan menjadi partai hidup mati buat kedua kubu, Manchester City diyakini akan menampilkan pemain-pemain terbaiknya terutama di lini pertahanan. Kuartet Kyle Walker, Fernandinho, dan Aymeric Laporte dengan dikomandoi Ederson di bawah mistar diyakini akan turun sejak menit awal. Di liga domestik, garis pertahanan mereka memang sempat menuai kontroversi setelah 35 gol bersarang di gawang mereka. Dimana catatan itu jadi yang terburuk selama tiga musim belakangan di Liga Inggris.

Tapi begitu empat pemain di atas merupakan pemain terbaik mereka saat ini. Ederson, walaupun banyak kebobolan, tapi dirinya menasbihkan diri sebagai peraih golden gloves musim 2019/20 dengan 16 cleen sheets. Sementara di lini tengah, Kevin de Bruyne, diprediksi akan jadi . . . . . . motor utama di engine room City.

Berkaca pada penampilannya melawan Real Madrid di partai terakhir pemain asal Belgia itu beberapa kali meneror pertahanan Madrid lewat umpan-umpannya. Tercatat sembilan key passes sukses dikreasikan. Di sisi sebaliknya, Bruno Guimaraes dan Houssem Aouar, diyakini akan jadi andalan di lini tengah Lyon. Khususnya Aouar, ia diyakini akan menjadi pembeda dalam mengatur ritme di pertandingan nanti. Pasalnya, Wonderkid Prancis punya akurasi umpan mencapai 86,2 persen.

Hal itu bisa membuat Aouar mudah memanjakan Memphis Depay yang berada di lini depan. City yang tidak akan diperkuat Aguero tidak akan begitu kehilangan setelah Phil Fodden dan Gabriel Jesus tampil meyakinkan. Jesus sendiri kelihatan akan jadi ujung tombak Pep Guardiola dengan disokong Raheem Sterling. Tidak lupa kehadiran Phil Foden di lini depan juga bisa menjadi kartu AS yang tepat tatkala dibutuhkan.

Kombinasi keduanya beberapa waktu lalu terbukti sukses mengandaskan El Real di Etihad Stadium. Bermain dengan pressing tinggi, keduanya selalu bisa memanfaatkan peluang kecil menjadi gol yang berujung pada kemenangan. Seperti sebelumnya, duet kedua pemain diyakini akan menjamin eksplosifitas serangan The Sky Blues.

Head to Head

Sepanjang sejarah, kedua kesebalasan tercatat baru dua kali bertemu. Tepatnya di fase grup Liga Champions 2018/19. Hasilnya, City tidak sekalipun menang melawan Lyon, kalah 2-1 di kandang, The Citizen gagal membalas saat berkunjung ke Groupama Stadium karena hanya bermain imbang 2-2.
Walau begitu, bukan berarti City akan menyerah begitu saja, apalagi mereka punya ambisi besar untuk menembus final Liga Champions musim ini. Dalam tiga pertandingan terakhirnya, City selalu berhasil mengemas kemenangan dengan rataan 2,5 gol setiap pertandingan.

Sebaliknya, laju skuad besutan Rudi Garcia sedikit tersendat. Dalam tiga pertandingan terakhirnya Lyon hanya bisa mengukir kemenangan melawan Gent di pertandingan persahabatan. Sementara mereka kalah di final Coupe de La France kontra PSG lantas meyerah 2-1 saat berhadapan dengan Juventus walau tetap lolos ke perempat final karena unggul agregat.

x

Check Also

Prediksi Bologna vs AS Roma, Serie A Italia 2 Desember 2021

Jakarta – AS Roma akan tandang ke markas Bologna, di Stadio Renato Dall’Ara, pada laga ...