Home > Berita Bola > Prediksi Kapten Timnas Indonesia Arahan Shin Tae-yong

Prediksi Kapten Timnas Indonesia Arahan Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah memanggil para pemain untuk menjalani pemusatan latihan di Jakarta. Ada 29 pemain yang dipanggil oleh pelatih asal Korea Selatan itu. Shin Tae-yong akan kembali beraksi dengan meracik skuad Timnas Indonesia pada TC di Stadion Madya, Jakarta, pada Agustus 2020.

TC ini merupakan kali kedua Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia level senior. Sebelumnya, ia telah menggembleng Febri Hariyadi dan kawan-kawan pada Februari 2020. Pada Februari 2020, Shin Tae-yong langsung mengubah wajah Timnas Indonesia. Dia mempromosikan banyak pemain muda dari Timnas Indonesia U-22 dan U-19 ke senior.

Semisal pemain bek Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto, bek PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga, penyerang Arema FC, Muhammad Rafli, dan striker Bali United, Irfan Jauhari. Begitu pula pada TC kali ini. Shin Tae-yong membuat materi pemain Timnas Indonesia lebih segar.

Tidak pandang bulu, ia mengabaikan beberapa pemain senior yang sudah menjadi langganan Timnas Indonesia. Shin Tae-yong bahkan menepikan tiga kapten Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada tahun lalu. Ketiganya adalah Andritany Ardhiyasa, Hansamu Yama Pranata, dan Yanto Basna. Ketiganya telah menjadi pemimpin di dalam tim sejak satu tahun terakhir.

Lalu, siapa pemain yang cocok dipilih Shin Tae-yong sebagai kapten Timnas Indonesia? Berikut lima di antaranya:

Fachruddin Aryanto

Nama pertama yang paling layak mengemban status sebagai kapten Timnas Indonesia adalah Fachruddin Aryanto. Pemain bek Madura United ini adalah satu di antara sedikit pemain senior di skuat saat ini. Sebelumnya, Fachruddin pernah menjadi kapten Timnas Indonesia. Tepatnya pada 2017 saat masih dilatih oleh Luis Milla Aspas.

Evan Dimas

Evan Dimas sekarang termasuk pemain senior di Timnas Indonesia. Bagaimana tidak, pemain Persija Jakarta ini sudah berseragam Merah-Putih sejak 2014. Padahal, usia Evan saat ini baru menginjak 25 tahun. Dengan pengalamannya, mantan pemain Selangor FA ini pantas didapuk sebagai kapten Timnas Indonesia.

Ban kapten bukan sesuatu yang baru untuk Evan. Saat masih memperkuat Timnas Indonesia U-19 pada 2013, pemain kelahiran Surabaya, Jawa Timur ini . . . . . . pernah dipilih sebagai pemimpin rekan-rekannya.

Ilija Spasojevic

Walau ada serbuan pemain muda, Ilija Spasojevic masih bisa mempertahankan posisinya di Timnas Indonesia. Penyerang Bali United ini adalah anggota tertua di skuat saat ini. Baru berusia 32 tahun, Spaso, panggilannya, tercatat sebagai pemain paling senior di Timnas Indonesia yang tengah mengikuti pemusatan latihan saat ini.

Predikat itu memperbesar kesempatannya untuk menjabat sebagai kapten tim. Adapun, Spaso berseragam Timnas Indonesia sejak 2017. Sebelumnya, mantan pemain Bhayangkara FC ini berstatus warga negara Montenegro sebelum merampungkan proses naturalisasi pada tahun yang sama dengan debutnya bersama Tim Garuda.

Irfan Bachdim

Irfan Bachdim menjadi pemain paling awet di Timnas Indonesia saat ini. Penyerang PSS Sleman itu sudah memperkuat Merah-Putih sejak 2010. Tapi, perjalanannya di Timnas Indonesia memang tidak selalu mulus. Dalam dua gelaran Piala AFF, yaitu 2014 dan 2016, Irfan Bachdim harus absen karena cedera jelang keberangkatan.

Selain itu, Bachdim juga tercatat sebagai pemain tertua kedua setelah Spaso. Fakta itu membuat striker berusia 31 tahun ini cocok untuk didaulat sebagai kapten Timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong.

Johan Alfarizi

Pemain terakhir yang diyakini masuk sebagai kandidat kapten Timnas Indonesia adalah Johan Alfarizi. Pemain bek Arema FC itu termasuk pemain veteran yang ada di skuat saat ini. Pada 25 Mei 2020, Alfarizi genap berusia 30 tahun. Mantan pemain bek Persija Jakarta ini pernah berpengalaman sebagai kapten ketika memimpin Arema FC pada 2017.

Tapi, mengingat ini menjadi momen kembalinya pemain Arema FC itu ke Timnas Indonesia, belum tentu Alfarizi bisa menjadi pilihan utama untuk mengenakan ban kapten di lengannya.

x

Check Also

Bersalah Terkait Kasus Pemerasan Video Seks, Karim Benzema Divonis 1 Tahun Penjara

Versailles – Hakim di Pengadilan Versailles memutuskan Karim Benzema bersalah dalam kasus pemerasan video seks ...