Home > Berita Bola > Ponaryo Tegas Ungkap Ketidaksetujuannya Dengan Naturalisasi Pemain Muda

Ponaryo Tegas Ungkap Ketidaksetujuannya Dengan Naturalisasi Pemain Muda

Isu bahwa PSSI sedang menjalankan proyek naturalisasi pemain memang sedang menjadi perbincangan hangat publik sepak bola Tanah Air. Terhitung sudah terdapat lima pemain muda asal Brasil yang didatangkan klub-klub Liga 1 2020. Menurut isu yang beredar, para pemain itu nantinya akan disiapkan untuk memperkuat timnas U-20 Indonesia pada ajang Piala Dunia U-20 2021. Tak ayal sederet tokoh sepak bola langsung memberikan tanggapan pedas, termasuk manntan pelatih timnas U-19 Indonesia, Fakhri Husaini.

Fakhri menilai PSSI seperti ogah atau kurang percaya terhadap kualitas pemain lokal. Sekarang giliran mantan pemain timnas Indonesia sekaligus Manajer Umum APPI (Asosiasi Pemain Profesional Indonesia), Ponaryo Astaman, yang turut angkat bicara. Dilansir dari Youtube Hanif dan Rendy Show, Ponaryo malah secara tegas mengatakan ketidaksetujuan dengan proyek naturalisasi pemain muda.

“Secara pribadi, saya tidak setuju dengan proyek naturalisasi karena melihat masih banyak talenta Indonesia yang bagus,” katanya dikutip dari Youtube Hanif dan Rendy Show.

Mantan pemain Sriwijaya FC itu menyarankan PSSI memberikan ruang dan jembatan sebanyak-banyaknya agar pemain muda lokal bisa mudah melenggang ke negara-negara Eropa.

“Karena mereka main di Eropa, terus bisa diindikasikan . . . Gabung . . . lebih bagus? Coba situasinya dibalik saja,” kata Ponaryo.

“Pemain muda Indonesia bisa main di sana (Eropa), bukan malah mengambil pemain muda dari luar ke sini,” katanya.

Peraih gelar Pemain Terbaik Liga Indonesia 2004 itu mengaku mengikuti perkembangan pelatihan pemain Indonesia di Eropa, termasuk yang terakhir Garuda Select. Hanya, ia menilai kalau progam itu diperuntukkan untuk satu tim, bukan individu yang belajar dan bersaing di tim luar negeri.

“Memang sudah ada mengirim satu tim seperti Primavera, Baretti, Garuda Select, SAD, tapi mereka sebagai sebuah tim, bukan sebagai individu.”

“Saya berharap dari program seperti itu, ada beberapa pemain yang bisa main di Eropa, di mana pun yang penting di luar negeri,” katanya.

x

Check Also

Simak Daftar Lengkap Pembagian Grup Liga 2 2021

Jakarta – Drawing pembagian grup Liga 2 2021 telah selesai dilakukan bersamaan dengan manajer meeting ...