Home > Berita Liga Indonesia > Persebaya Tetap Dengan Sikap Semula Tak Sepakat Kompetisi Dilanjutkan

Persebaya Tetap Dengan Sikap Semula Tak Sepakat Kompetisi Dilanjutkan

prediksi jitu

Surabaya – Pertemuan antara klub Liga 1 2020 dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah digelar pada 7 Agustus lalu, di Jakarta, guna membicarakan kelanjutan kompetisi di tengah situasi virus corona, 1 Oktober mendatang.

Persebaya Surabaya selaku tim peserta masih tetap pada sikap sebelumnya, bahwa sebaiknya kompetisi tak dilanjutkan. Walau, mereka juga mengapresiasi bagaimana progres dari LIB dalam menyiapkan rencana kompetisi.

Intinya, Persebaya belum bergerak jika memang belum ada protokol atau prosedur yang tetap terkait bagaimana kompetisi diputar, yang tentunya mengedepankan mengenai kesehatan dan keamanan para pelaku.

Hal itu diungkap oleh manajer tim berjuluk Green Force, Candra Wahyudi. Mereka menuntut kejelasan yang lebih detail soal pelaksanaan kompetisi, agar benar-benar yakin bagaimana harus menyusun agenda.

“Posisi Persebaya sampai saat ini belum berubah. Kami masih menunggu penjelasan lebih detail terkait penerapan protokol kesehatan. Sebelum dan selama kompetisi berjalan,” tegas Candra dikutip laman resmi Persebaya.

Penjelasan dari LIB mengenai tes rutin untuk para pihak yang terlibat dalam pertandingan, dengan metode swab test, diapresiasi oleh Persebaya. Namun, mereka ingin penjelasan lebih lanjut terkait upaya pencegahan dan penanganan.

Persebaya lalu menyampaikan tiga poin terkait keberlangsungan liga di dalam situasi luar biasa ini. Poin itu merupakan hal-hal yang dirasa belum jelas dan belum terpenuhi soal bagaimana liga nanti dijalankan.

“Bagaimana penerapan protokol kesehatan bagi klub selama masa persiapan [latihan] sebelum memasuki kompetisi. Ini penting, agar semua klub miliki panduan yang jelas dan terarah selama melakukan persiapan. Ada standar bersama yang bisa diterapkan. Klub tidak membuat standar yang dibangun sesuai persepsi masing-masing. Dengan begitu, ketika memasuki kompetisi, tidak perlu ada lagi kekhawatiran terkait paparan Covid-19,” tulis Persebaya.

“Perlu juga dijelaskan mitigasi atau penanganan yang harus dilakukan oleh klub, LIB, maupun pihak lain yang terkait, bila ada pemain atau pun ofisial yang hasil swab test-nya positif. Klub, harus mendapat gambaran utuh dan detail agar tidak gagap bila kejadian yang tidak diinginkan ini terjadi,” lanjut Persebaya dalam poin kedua.

“Persebaya juga membutuhkan gambaran menyeluruh, bagaimana langkah-langkah PSSI maupun LIB untuk memastikan agar lanjutan kompetisi tidak berpotensi menjadikan klaster baru penyebaran Covid-19. Ini terkait dengan pertandingan-pertandingan yang berpotensi terjadi pengumpulan masa di lokasi pertandingan maupun tempat-tempat umum,” tutup mereka dalam poin terakhir. (Boy – satupedia.com)

x

Check Also

Febri Hariyadi, Bintang Persib Yang 2 Kali Gagal Merapat Ke Klub Luar Negeri

Winger Persib Bandung, Febri Hariyadi, telah melewatkan dua kesempatan untuk bermain di klub luar negeri. ...