Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > Messi Bisa Jadi Pemain Super Mahal Tapi Juga Bisa Gratis

Messi Bisa Jadi Pemain Super Mahal Tapi Juga Bisa Gratis

Kabar mengenai keinginan Messi untuk pergi dari Barcelona awalnya diberitakan oleh media Argentina, TyC Sport padsa Selasa (25/8/2020). Kemudian kabar itu dikonfirmasi oleh berbagai media Spanyol yang cukup besar seperti Marca, Mundo Deportivo dan AS. Messi dilaporkan sudah mengirim fax kepada Barcelona yang berisi tentang keinginannya untuk pergi.

Walau begitu, klausul di kontrak Messi menimbulkan multitafsir dari kedua belah pihak sehingga menimbulkan perdebatan. Representasi Messi yakin kalau klausul di dalam kontraknya berarti sang megabintang bisa pergi dari Barcelona tanpa biaya sepeserpun. Terdapat sebuah klausul di kontrak yang memungkinkan La Pulga pergi secara gratis pada setiap musim selama dia mengkomunikasikan kepada klub.

Pihak Messi menganggap bahwa klausul itu masih valid karena musim 2019-2020 baru saja berakhir, akibat efek dari pandemi COVID-19. Mereka mendasarkan tafsir ini berdasarkan akhir musim menurut FIFA yang diundur sampai 31 Agustus 2020. Secara kontras, pihak Barcelona menganggap Messi masih terikat dengan klausul pelepasan senilai 700 juta euro.

Kalau Messi pergi, maka Barcelona tetap akan menjualnya dengan harga 700 euro pada klub yang bisa menebus klausul pelepasannya. Kontrak Messi akan berakhir pada 2021, sehingga Barca kemungkinan menganggap ini merupakan waktu yang pas untuk menjual Messi. Langkah selanjutnya adalah Barca akan bernegosiasi dengan klub-klub yang meminatinya.

Soal klausul yang ada di kontrak Messi (bahwa dia bisa hengkang secara gratis di setiap akhir musim kalau bilang pada klub), pihak Barcelona menganggap bahwa klausul itu sudah kadaluarsa, mengingat akhir . . . . . . musim yang normal jatuh pada bulan Juni. Sehingga kalau Messi baru menggunakannya sekarang, maka klausul itu sudah tidak berlaku karena saat ini sudah dihitung sebagai musim baru (2020-2021).

Walau belum ada pernyataan resmi, Barcelona diyakini akan tetap pada pendiriannya untuk meyakinkan Lionel Messi untuk bertahan karena dia sudah diberitahu bahwa ia masuk ke dalam rencana Ronald Koeman untuk musim 2020-2021. Keputusan ini masih memicu perdebatan buat kedua belah pihak.
Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu dikabarkan sudah memanggil seluruh direksinya untuk mengadakan rapat darurat karena masalah ini.

Sementara itu, Radio Onda Cero menginfromasikan bahwa keputusan pergi Messi sudah final. Ia tidak akan menghadiri lagi latihan Barcelona lagi. Menurut Marca, saat ini hanya ada 3 klub yang jadi tujuan paling realistis untuk Lionel Messi. Mereka adalah Paris Saint-Germain, Inter Milan dan Manchester City.

“Pada kenyataannya semua tim punya impian memiliki Messi,” tulis Marca.

“Tapi hanya 3 tim yang akan berlomba mendapatkan pemain 33 tahun itu yaitu Inter Milan, Manchester City dan Paris Saint-germain,” katanya.

x

Check Also

CEO Barcelona Yakin Mereka Akan Bisa Membuat Ousmane Dembele Bertahan Di Camp Nou

Barcelona – Ousmane Dembele saat ini memasuki tahun terakhirnya di Barcelona. Dirinya bisa menjadi free ...