Home > Berita Liga Inggris > Manchester United > Mantan Kiper Spanyol Punya Pendapat Soal Merosotnya Performa De Gea

Mantan Kiper Spanyol Punya Pendapat Soal Merosotnya Performa De Gea

Madrid – Eks penjaga gawang tim nasional Spanyol dan Valencia, Santiago Canizares, punya pendapat soal menurunnya penampilan kiper utama Manchester United, David De Gea.

Sosok berusia 29 tahun itu mencatat sejumlah performa buruk dan yang paling diingat adalah dua blunder yang ia lakukan sehingga berakhir dengan kekalahan di babak semi-final Piala FA lawan Chelsea.

Canizares menuturkan, merosotnya performa De Gea erat kaitannya dengan kepergian pelatih kiper Emilio Alvares, yang sebelumnya juga mengasuh salah satu penjaga gawang terbaik dunia tersebut saat masih memperkuat Atletico Madrid.

Alvares baru-baru ini melontarkan kritik pada De Gea, dengan menyebut sang kiper tersebut menjadi alasan dirinya untuk hengkang dari Old Trafford musim panas lalu, karena menipisnya loyalitas De Gea usai melakukan perpanjangan kontrak tanpa sepengetahuan dirinya.

Canizares juga dibesut oleh Alvarez saat membela Valencia, dan dalam perbincangan eksklusif kepada Tribal Football, ia menganggap De Gea harus punya pelatih lain yang cocok agar ia bisa menemukan performa terbaiknya.

“Saya percaya kiper semakin dewasa seiring bertambah usia dan pada usia yang lebih lanjut daripada pemain outfield,” ujar Canizares.

“Terlepas dari kualitas kiper, mereka yang tahu bagaimana merawat diri sendiri, kesehatan mereka, mengetahui badan mereka, bagaimana menjaga performa, mereka bisa bermain dalam waktu lama dan tampil dalam level optimal bahkan di atas usia 30.

“Kabar buruk untuk De Gea adalah Alvarez sudah pergi, seseorang yang diandalkan David dan menjaganya dalam performa luar biasa. Ini bukan kabar baik bagi De Gea dengan kepergian Alvarez karena pelatih kiper bisa mengeluarkan yang terbaik dari muridnya, yaitu sang kiper.

“Sungguh krusial bagi seorang kiper untuk memiliki pelatih kiper hebat dari . . . . . . sudut pandang psikologis dan juga seorang pelatih yang mengetahui badan kiper dari sudut pandang fisik dan kebutuhkan utamanya untuk bisa tetap menjaga performa.

“Sekarang Alvarez sudah hengkang, ini akan menjadi masalah besar untuk diselesaikan bagi De Gea. Krusial bagi seorang kiper untuk memiliki pelatih kiper dengan kepercayaan absolut dan saling percaya satu sama lain. Alvarez pergi karena kurangnya kepercayaan dari De Gea.”

Imbas dari menurunnya penampilan De Gea di bawah mistar, Manchester United kini dilaporkan berusaha memboyong kiper baru untuk musim depan. Salah satu nama yang kerap dikaitkan dengan Old Trafford adalah penjaga gawang Leicester City, Kasper Schmeichel.

Bagaimanapun juga, Canizares meyakini De Gea masih akan menjadi kiper Setan Merah dalam waktu yang panjang dan bahkan bisa pensiun di sana, walau sang kiper legendaris tersebut ragu De Gea masih mampu tampil maksimal di tim nasional.

“De Gea adalah kiper luar biasa. Dia mungkin mengakhiri karier di Manchester United, bermain lebih banyak pertandingan,” imbuh Canizares.

“Saya yakin dia tampil baik di Manchester United, tetapi ketika dia bermain untuk Spanyol, dia merasakan tekanan yang sangat, sangat besar dalam memakai jersey dan tidak menampilkan performa terbaik untuk timnas.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Ronaldo

Ralf Rangnick Tepis Anggapan Bakal Singkirkan Ronaldo

Manchester – Manajer Manchester United, Ralf Rangnick menepis anggapan bahwa Cristiano Ronaldo akan tersisih dari ...