Home > Berita Bola > Mantan Kiper Andalan Real Madrid Umumkan Pensiun

Mantan Kiper Andalan Real Madrid Umumkan Pensiun

Madrid – Iker Casillas secara resmi menyampaikan pensiun dari sepakbola, menutup karier selama 22 tahunnya sebagai penjaga gawang. Mantan kiper andalan Real Madrid itu gantung sarung tangan di usia 39 tahun.

Casillas sejatinya sudah tidak melakoni laga kompetitif sejak Mei 2019 saat ia didiagonosis mengalami masalah serius pada jantungnya. Saat itu, sosok pemenang Piala Dunia ini sedang berlatih bersama Porto.

Casillas merapat ke Porto di musim 2019/20, namun ia tidak sekalipun bermain sambil terus menunggu progres kesehatannya. Pada Selasa (4/8) ini, Casillas lewat akun media sosial miliknya memutuskan untuk pensiun dan mulai mencari tantangan baru.

“Yang terpenting adalah proses perjalanan yang Anda lakoni dan orang-orang yang menamai Anda, bukan destinasi akhir,” tulisnya.

“Tanpa diragukan lagi, saya bisa bilang bahwa ini adalah perjalanan yang tepat dan destinasi impian. Terima kasih.”

Nama Casillas mulai mencuri perhatian sejak dipromosikan ke tim utama Real Madrid. Total, ia mampu mengemas 725 penampilan bersama Los Blancos dan ikut memenangkan lima gelar La Liga Spanyol dan tiga trofi Liga Champions.

Bersama timnas Spanyol, kariernya juga bersinar. Ia mengapteni negaranya saat memenangkan Piala Dunia 2010 dan juga berhasil menjuarai Euro 2008 dan 2012.

Pada 2015, ia hengkang ke Portugal dan mampu mengemas 156 penampilan serta merengkuh dua gelar Primeira Liga bersama Porto.

Kini, Casillas bersiap untuk mengawali kariernya di luar lapangan hijau. Beberapa waktu lalu, ia mengumumkan akan maju . . . . . . sebagai calon presiden Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF).

Menyusul kabar pensiun Casillas, Real Madrid juga menyampaikan pesan khusus kepada legenda besarnya ini. “Real Madrid CF ingin menyampaikan apresiasi dan pujian tinggi kepada salah satu legenda besar kami dan sepakbola dunia,” demikian pernyataan resmi Madrid.

“Kiper terbaik dalam sejarah Real Madrid dan sepakbola Spanyol ini datang ke rumah kami saat usianya masih sembilan tahun. Di sini, tali hubungan kami terikat selama 25 tahun dan dia akan selamanya dikenang sebagai salah satu kapten paling ikonik kami. Iker Casillas telah menerima cinta yang besar dari Real Madrid dan menjadi tolok ukur dari nilai-nilai klub.”

“Hari ini, salah satu pemain terpenting dalam sejarah 118 tahun kami, seorang pemain yang kami cintai dan kagumi, seorang penjaga gawang yang telah melegenda bersama Real Madrid berkat pekerjaan dan sikap teladannya di dalam maupun di luar lapangan, telah mengucapkan selamat tinggal sebagai pemain profesional.” pungkasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Selalu Bersaing Jadi Pemain Terbaik, Lionel Messi Masih Beri Pujian Untuk Cristiano Ronaldo

Jakarta – Lionel Messi tidak pernah lepas dari Cristiano Ronaldo dalam hal bersaing sebagai pemain ...