Home > Berita Liga Indonesia > Arema FC > Lawan Ujicoba Arema FC Harus Jalani Rapid Test Terlebih Dulu

Lawan Ujicoba Arema FC Harus Jalani Rapid Test Terlebih Dulu

Arema FC akan menjalani uji coba kedua di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (29/8/2020). Arema akan melawan klub lokal, yang kemungkinan besar adalah Kaki Mas, Dampit. Ada sisi lain yang jadi sorotan dari uji coba ini. Arema tidak hanya edar melihat permainan dua pemain muda asal Brasil, Hugo Guilherme Grillo dan Pedro Henrique Bartolli, tapi juga membuat tim aman dari ancaman virus corona.

Pasalnya, tim lawan tentu tidak menjalan protokol kesehatan seperti tim Arema FC, sehingga mereka harus melakukan langkah untuk memastikan pemain lawan dalam kondisi steril dari virus. Dokter tim Arema, Nanang Tri Wahyudi, mengakui kalau tidak mudah menjaga internal tim dalam sebuah uji coba dengan klub amatir.

“Kami masih usahakan kepada manajemen agar lawan menjalani rapid tes dulu sebelum uji coba, tapi kalau tidak bisa, ya tim medis melakukan pemeriksaan kesehatan di lapangan sebelum pertandingan dimulai,” katanya.

Pemerisakan kesehatan tentu tidak detail seperti swab test karena yang dilakukan hanya mengukur suhu tubuh dan kondisi pemain terkini. Ini agak berisiko karena orang yang terjangkit COVID-19 juga bisa saja tidak mengalami gejala.

“Dalam uji coba sebelumnya (melawan Arema U-20), kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan di . . . . . . lapangan untuk lawan,” kata mantan dokter Timnas Indonesia U-23 ini.

Arema akan lebih aman kalau beruji coba melawan tim Liga 1 karena mereka pasti menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, pemain dan official juga sudah menjalani rapid tes. Tapi, tidak mudah mendapat lawan dari Liga 1 karena mereka kini masih dalam fase persiapan awal. Arema juga tentu belum siap menghadapi pertandingan kuat dalam waktu dekat. Mereka baru tiga pekan menjalani latihan bersama setelah libur 5 bulan lalu.

“Kalau dilihat dari sisi protokol kesehatan, memang lawan tim Liga 1 lebih aman. Tapi kami harap walau lawan tim lokal tetap aman. Karena kami juga memantau lawan berasal dari lingkungan yang daerahnya tidak banyak terjangkit virus corona,” kata asisten pelatih Arema, Kuncoro.

x

Check Also

Bocoran Pemenang Ballon d’Or 2021, Nama Lionel Messi Keluar Sebagai Pemenangnya

Jakarta – Meski pengumuman pemenang Ballon d’Or 2021 baru akan dilakukan pada 29 November, namun ...