Home > Berita Liga Champions > Klub Inggris, Spanyol, dan Italia Tak Berkutik di Liga Champions Musim Ini ?

Klub Inggris, Spanyol, dan Italia Tak Berkutik di Liga Champions Musim Ini ?

Paris – Klub yang lolos ke semifinal Liga Champions 2019-2020 di luar dugaan. Pasalnya, wakil yang melangkah di semifinal bukan dari Spanyol, Inggris dan Italia, melainkan dari Jerman dan Prancis.

Jerman mengirimkan wakilnya yaitu Bayern Munich dan RB Leipzig. Sementara, Prancis diwakili Paris Saint-Germain (PSG) dan Olympique Lyon. Lolosnya PSG dan Bayern sejatinya tidak mengherankan, berdasarkan penampilan dan deretan pemain yang mereka miliki.

Namun, tidak halnya dengan Lyon dan RB Leipzig. Kedua klub ini tidak punya pengalaman mengesankan di Liga Champions. Selain itu, baik Lyon dan Leipzig juga tidak dihuni oleh pemain-pemain bintang seperti Manchester City ataupun Barcelona.

Kini yang jadi pertanyaan, mengapa wakil Jerman dan Prancis bisa mendominasi Liga Champions 2019-2020? Ada satu sinyal yang membuat mereka bisa tampil gemilang di Liga Champions 2019-2020.

Wakil Prancis dan Jerman lebih bertenaga karena kompetisi lokal mereka berakhir lebih dulu dibanding kompetisi elite Eropa lainnya. Dampak virus corona, Liga Prancis 2019-2020 resmi dihentikan lebih dini pada 29 April 2020.

Saat itu, LFP selaku operator kompetisi menghentikannya jalannya kompetisi saat semua klub masih punya 10 hingga 11 laga sisa. Walau kompetisi dihentikan, LFP tetap menunjuk tim . . . . . . juara, PSG.

Bagaimana dengan Liga Jerman? Karena mengawali kompetisi lebih dulu dibanding liga lainnya, Liga Jerman berakhir lebih cepat. Sekadar informasi, Liga Jerman menutup semua pertandingan mereka pada 28 Juni 2020.

Karena kompetisi dihentikan lebih cepat, klub-klub asal Prancis dan Jerman punya jeda lebih panjang untuk beristirahat. Hal itu berbeda dengan liga-liga Eropa elit lainnya.

Italia baru menuntaskan kompetisi mereka pada awal Agustus 2020. Sementara itu, Inggris dan Spanyol pada akhir Juli 2020. Imbasnya, waktu istirahat para pemain menjadi berkurang dan tak tampil maksimal di perempatfinal Liga Champions yang berlangsung mulai Sabtu 8 Agustus 2020 dini hari WIB.

Selanjutnya di semifinal Liga Champions 2019-2020, Bayern bakal menghadapi Lyon. Sementara RB Leipzig akan ditantang jawara Prancis, PSG. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Tendangan Geledek Thiago Alcantara Dihubungkan Dengan Hukum Fisika Efek Magnus

Liverpool – Liverpool menang atas FC Porto dengan skor 2-0 pada matchday ke-5 Grup B ...