Home > Timnas Eropa > Timnas Belanda > Jordi Cruyff Dukung Rijkaard Duduki Kursi Pelatih Timnas Belanda

Jordi Cruyff Dukung Rijkaard Duduki Kursi Pelatih Timnas Belanda

Frank Rijkaard keluar sebagai kandidat terkuat untuk menggantikan peran Ronald Koeman sebagai pelatih di Timnas Belanda. Koeman meninggalkan posnya sebagai pelatih Timnas Belanda setelah menerima tawaran untuk melatih Barcelona beberapa waktu lalu dan saat ini Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) sedang mencari nama yang pantas dan cocok untuk meneruskan pekerjaan Koeman di Timnas Belanda.

Dan nama Rijkaard yang tenar karena membawa Barcelona meraih kesuksesan muncul sebagai kandidat paling kuat untuk menjadi suksesor Koeman di timnas. Berita penunjukan Rijkaard sendiri langsung mendapatkan dukungan dari Jordi Cruyff, anak legenda Belanda Johan Cruyff yang juga merupakan mantan pemain Timnas Belanda era 90-an.

“Saya kira masuk akal bagi KNVB untuk mencari pelatih yang bertipe mirip dengan (Ronald) Koeman dan menurut saya hal itu ada pada sosok (Frank) Rijkaard,” kata Cruyff pada De Telegraaf.

“Rijkaard juga merupakan sosok yang sangat baik dari segi taktik. Selain itu dirinya juga bisa membangun atmosfer tim menjadi lebih bagus.”

Cruyff menambahkan kalau nantinya Rijkaard akan membangun kombinasi yang bagus bersama Henk ten Cate, sosok yang pernah menjadi asistennya saat melatih Barcelona. . . . . . . Kombinasi keduanya sukses mengantarkan 2 trofi LaLiga Spanyol dan 1 trofi Liga Champions.

Rijkaard sendiri terakhir kali menangani sebuah tim pada tahun 2013. Saat itu dirinya tercatat sebagai pelatih Timnas Arab Saudi dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2013. Sebelumnya, dirinya juga pernah menangani Timnas Belanda pada tahun 1998 sampai dengan tahun 2000.

Walaupun muncul sebagai sosok ideal untuk menjadi suksesor Koeman di Timnas Belanda, KNVB perlu merayu dirinya untuk mau kembali terjun di dunia sepak bola.

Pasalnya, sejak melepas jabatan sebagai pelatih Timnas Arab Saudi 7 tahun yang lalu, Rijkaard selalu mengatakan kalau dirinya tidak lagi tertarik untuk kembali terjun ke dunia sepak bola.