Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > Jika Madrid Bisa Juara Tanpa Ronaldo, Apakah Barca Mampu Tanpa Messi ?

Jika Madrid Bisa Juara Tanpa Ronaldo, Apakah Barca Mampu Tanpa Messi ?

Real Madrid butuh waktu lebih dari dua tahun untuk benar-benar move on dari Cristiano Ronaldo. Berkaca dari kasus ini, berapa lama waktu yang dibutuhkan Barcelona untuk move on jika ditinggal Lionel Messi? Cristiano Ronaldo meninggalkan Real Madrid pada Mei 2018, dua tahun dan tiga bulan lalu.
Saat itu, Real Madrid sedang berada di puncak kejayaan dengan tiga gelar Liga Champions beruntun.

Ronaldo terbang ke Turin dengan jet pribadi, hanya beberapa pekan setelah pesta juara Liga Champions 2017/2018. Sebelum ditinggal kapten timnas Portugal, Real Madrid lebih dulu ditinggal sang pelatih Zinedine Zidane. Musim pertama Real Madrid tanpa Ronaldo berakhir buruk.
Julen Lopetegui dan Santiago Solari kehilangan pekerjaan. Lalu, Zidane kembali dan memulai proyek baru tanpa Ronaldo di skuad utama Real Madrid.

Real Madrid menutup musim 2019/2020 dengan gelar Supercopa de Espana dan La Liga. Bukan hasil yang sempurna, tapi menjadi tanda kalau klub mulai berada di jalur juara setelah era Cristiano Ronaldo berakhir. Zinedine Zidane bukan pesulap di Real Madrid. Masa transisi di Real Madrid pasca Ronaldo sudah dimulai sejak Lopetegui.
Transfer Thibaut Courtois menjadi salah satu momen penting yang dilakukan pelatih yang sekarang bertugas di Sevilla.

Walau singkat, era Santiago Solari juga memberi sumbangan penting. Di bawah kendali pria asal Argentina itu, pemain muda seperti Vinicius Junior dan Fede Valverde mendapat kesempatan bermain di tim utama dan makin matang. Sekarang, Zidane yang memetik buah dari keputusan penting . . . . . . Solari pada Vinicius dan Fede Valverde.
Zidane kemudian menambahkan Ferland Mendy dan Eden Hazard pada awal musim 2019/2020. Mendy mampu menggusur Marcelo di posisi bek kiri. Sedangkan, Eden Hazard belum mampu tampil konsisten tapi ditutup dengan kolektivitas tim yang bagus.

Barcelona Sudah Siap Transisi Tanpa Lionel Messi?

Real Madrid ditinggal Cristiano Ronaldo saat klub sedang berada di puncak. Nah, situasi berbeda akan dialami Barcelona kalau ditinggal Lionel Messi pada awal musim 2020/2021 ini. Karena, Barcelona sekarang malah sedang terpuruk. Mereka gagal mendapat gelar juara di level kompetitif pada musim 2019/2020.
Selain itu, ada banyak konflik di internal klub yang mencuat. Situasi di dalam klub sedang tidak baik.

Ronald Koeman, akan mendapat tugas berat memimpin transisi Barcelona (dengan atau tanpa Lionel Messi) musim 2020/2021. Dia dihadapkan pada tim yang mulai uzur dan pemain muda yang minim pengalaman. Berkaca dari kasus Real Madrid yang butuh waktu dua tahun untuk move on dari Ronaldo, Barcelona juga harus siap menderita untuk periode yang lama kalau benar-benar ditinggal Lionel Messi.

x

Check Also

Sergej Milinkovic-Savic

Dirinya Kembali Diincar Oleh Real Madrid Pemain Lazio Ini Beri Respon Positif

Madrid – Sergej Milinkovic-Savic merupakan gelandang Lazio yang sudah membela tim Italia tersebut sejak 2015 ...