Home > Berita Bola > Jangan Heran, Skema 1-2-7 Pernah Sangat Populer di Sepakbola Inggris

Jangan Heran, Skema 1-2-7 Pernah Sangat Populer di Sepakbola Inggris

Tidak ada yang paten atau abadi dalam menyusun formasi dalam tim sepak bola. Boleh jadi, formasi 4-4-2 dipercaya membawa keseimbangan tim, baik dalam menyerang ataupun bertahan. Atau, di saat lain 3-5-2 memberikan keseimbangan antar lini. Di sisi lain, 4-3-3 dirasa lebih mematikan saat menyerang.

Tapi siapa nyangka formasi 1-2-7 atau 2-3-5 pernah begitu populer di Negeri Tiga Singa: Inggris.

Kedua formasi itu populer di Inggris pada kurun waktu 1860 sampai 1870-an. Formasi itu, untuk saat ini mungkin sangat tidak lazim, dan hampir pasti tidak akan ada tim yang menerapkan itu dalam sepak bola modern saat ini. Tidak bisa dipungkiri, kedua formasi itu secara sekilas terbilang aneh, karena dalam penerapannya lini serang ditumpuk sebanyak tujuh orang.

Formasi ini hanya berisikan satu satu bek tengah, dua gelandang, dan tujuh penyerang! Atau minimal lima orang penyerang dalam formasi 2-3-5. Tujuan dari formasi ini adalah untuk melakukan serangan penuh . . . . . . dengan memanfaatkan direct pass ke depan. Tipe permainan ini akan menjadi sangat cepat tapi rentan terhadap serangan balik.

Formasi ini digunakan oleh timnas Inggris saat menghadapi Skotlandia pada tahun 1872. Walau saat itu dianggap populer, ternyata formasi ini gagal mengalahkan Skotlandia saat itu yang memakai formasi 2-2-6. Jadi, adakah pelatih yang akan keluar dari ‘pakem’ formasi 4-4-2, 4-3-3, 4-1-2-3, 3-5-2 atau varian dari sejumlah formasi lain yang rata-rata saat ini mengandalkan tiga, empat atau bahkan lima bek?

x

Check Also

Bocoran Pemenang Ballon d’Or 2021, Nama Lionel Messi Keluar Sebagai Pemenangnya

Jakarta – Meski pengumuman pemenang Ballon d’Or 2021 baru akan dilakukan pada 29 November, namun ...