Home > Berita Liga Champions > Investasi Belasan Triliun Manchester City Hanya Mampu Gapai Perempat Final Liga Champions

Investasi Belasan Triliun Manchester City Hanya Mampu Gapai Perempat Final Liga Champions

Manchester – Manchester City tersingkir pada kompetisi Liga Champions 2019-2020 setelah pada laga perempatfinal dikalahkan Olympique Lyon dengan skor 1-3.

Pada laga yang digelar di Stadion Jose Alvalade, Sabtu (15/8/2020) waktu setempat atau Minggu dini hari WIB ini tiga gola bagi Lyon dicetak oleh Maxwel Cornet dan Moussa Dembele. Sedangkan satu-satunya gol bagi Manchester City dicetak oleh Kevin De Bruyne.

Dengan kekalahan ini, semakin memperpanjang ‘kutukan’ bagi pelatih pelatih Manchester City, Pep Guardiola, yang belum pernah membawa The Citizens lolos ke babak semifinal Liga Champions.

Untuk diketahui, sejak Guardiola tiba di Etihad Stadium pada Juli 2016 lalu, Man City tak pernah sekali pun mencapai semifinal di ajang paling bergengsi klub-klub Eropa ini.

Terakhir Manchester City menginjakkan kaki di semifinal Liga Champions 2015-2016 saat masih dipimpin Manuel Pellegrini.

Bagi Guardiola, hasil ini cukup mengecewakan karena pelatih asal Spanyol ini sebelumnya mampu membawa Barcelona minimal mencapai semifinal dalam empat musim kepemimpinannya.

Guardiola juga sukses melakukan hal yang sama saat menjadi pelatih Bayern Muenchen selama tiga tahun.

Padahal di Manchester City, Guardiola sudah membelanjakan dana triliunan rupiah untuk mendatangkan pemain-pemain top dunia selama empat tahun kariernya bersama Man City.

Diketahui, Guardiola telah menghabiskan dana total hingga 778 juta euro (Rp 13,7 triliun) untuk belanja pemain.

Di awal kepemimpinannya di musim . . . . . . 2016-2017, Guardiola membelanjakan dana 215 juta euro (Rp 3,7 triliun) untuk merekrut John Stones, Leroy Sane, Gabriel Jesus, Ilkay Guendogan, Claudio Bravo, Nolito, Marlos Moreno, Geronimo Rulli, dan Oleksandr Zinchenko.

Pada musim 2017-2018, dana yang dihabiskan Guardiola untuk belanja pemain meningkat menjadi 317,5 juta euro (Rp 5,6 triliun) untuk membeli Aymeric Laporte, Benjamin Mendy, Kyle Walker, Bernardo Silva, Ederson, Danilo, Douglas Luiz, Jack Harrison, Olarenwaju Kayode, dan Luka Ilic.

Selanjutnya pada musim 2018-2019, Guardiola hanya menghabiskan dana 78,5 juta euro (Rp1,3 triliun) untuk memboyong Riyad Mahrez, Ante Palaversa, Philippe Sandler, dan Ko Itakura.

Sedangkan di musim 2019-2020 ini, Guardiola telah menggunakan dana senilai 167 juta euro (Rp 2,9 triliun) untuk mendatangkan Rodri, Joao Cancelo, Angelino, Pedro Porro, Zack Steffen, dan Ryotaro Meshino.

Ironisnya, Manchester City pada musim ini tersingkir oleh klub yang kelasnya di bawah mereka. Lyon berada di posisi ke-7 klasemen akhir Liga Prancis 2019-2020.

x

Check Also

Juventus Beruntung Hanya Kebobolan 4 Gol Dari Chelsea

Jakarta – Juventus kalah telak dengan skor 0-4 saat tandang ke markas Chelsea di Stamford ...