Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > FIFA dan UEFA Tak Bisa Campuri Sengketa Messi-Barcelona?

FIFA dan UEFA Tak Bisa Campuri Sengketa Messi-Barcelona?

Barcelona – Perbedaan pandangan terkait klausul kontrak antara Lionel Messi dan Barcelona membuat spekulasi pindahnya Messi dari Barcelona menjadi semakin tidak jelas.

Bila masalah ini tidak menemukan kata sepakat maka akan terjadi sengketa kontrak antara Messi dan Barcelona.

Menurut pandangan media Spanyol, AS, bila sengketa kontrak antara Messi dan Barca ini sampai terjadi maka FIFA dan UEFA tidak bisa mencampurinya.

Hal ini dilaporkan AS dalam artikelnya yang berjudul ‘Kontrak Messi mengecualikan FIFA dan UEFA dari konflik hukum’.

Menurut AS, kedua pihak seharusnya menempuh jalur hukum bila terjadi sengketa mengenai klausul pelepasan (buyout/release clause).

Hal ini juga tidak bisa dicampuri oleh UEFA dan FIFA karena itu merupakan wewenang pengadilan Spanyol, yang berada di luar jangkauan kedua otoritas sepakbola itu.

Namun pendapat berbeda disampaikan Nick De Marco QC, seorang pengacara olahraga top.

Menurut Nick De Marco, Messi berpotensi terkena sanksi FIFA bila memaksakan diri pindah dari Barca . . . . . . musim panas ini tanpa adanya penyelesaian dari sisi kontrak.

“Karena Messi orang Argentina, aturan FIFA akan berlaku, dan FIFA punya seperangkat hukum dan aturannya sendiri. Jadi, tidak mungkin menggunakan hukum Spanyol, hukum Inggris, atau hukum Swiss, tetapi aturan FIFA yang berlaku, dan mereka memiliki komisi yang dapat menentukan hal-hal seperti ini,” kata Nick De Marco.

“Pada akhirnya, salah satu pihak kemudian dapat mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga. Begitulah biasanya masalah seperti ini ditangani,” tambahnya.

x

Check Also

Karena Berisi Pemain Muda Lini Serang Barcelona Jadi Kurang Berani

Barcelona – Usai menjalani dua laga bersama Barcelona, Xavi menilai lini serang Barcelona masih belum ...