Home > Timnas Indonesia > Dibanding Pelatih Korsel Lainnya, Shin Tae-yong Dianggap Lebih Lunak

Dibanding Pelatih Korsel Lainnya, Shin Tae-yong Dianggap Lebih Lunak

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, yang terkenal disiplin ternyata oleh pengamat sepak bola, M Nigara dinilai masih termasuk lembut bila dibandingkan dengan pelatih Korea Selatan lainnya.

Sejak datang melatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong langsung menerapkan aturan disiplin yang jarang dilakukan oleh tim Garuda. Dari peraturan saat bermain di lapangan hingga peraturan dalam kegiatan sehari-hari.

Ryuji Utomo dkk harus menjalani latihan fisik yang cukup keras untuk meningkatkan kekuatan fisik sesuai dengan standar yang ditetapkan Shin Tae-yong.

Namun demikian menurut M Nigara, Shin Tae-yong termasuk pelatih yang lembut bila dibandingkan dengan pelatih asal Korea Selatan lainnya.

Nigara mengaku pernah melihat secara langsung bagaimana seorang pelatih tinju Korea Selatan menonjok anak asuhnya sendiri saat kalah di turnamen Piala Presiden di Jakarta.

“Menurut saya Shin Tae-yong berbeda dengan pelatih-pelatih Korea yang lain,” kata Nigara.

“Dia lebih soft, tidak sekasar pelatih-pelatih Korea yang lain. Pengalaman saya meliput Piala Presiden Tinju di Jakarta, petinju Korea kalah lawan . . . . . . mungkin dari petinju Indonesia,” sambungnya.

“Begitu turun dari ring, ditonjok langsung oleh pelatihnya. Begitu kerasnya pelatih Korea. Ini untuk menciptakan kedisplinan,” tuturnya.

Karena itu, Nigara menilai Timnas Indonesia beruntung mendapatkan pelatih selevel Shin Tae-yong, yang pernah membawa Korea Selatan menang atas Jerman di Piala Dunia 2018 lalu.

“Anak-anak kita beruntung mendapat Shin Tae-yong. Kelas Shin Tae-yong adalah kelas dunia, tapi cara melatihnya bukan seperti militan di Korea yang dengan kekerasan, dengan memaki, dengan memukul,” ucap Nigara.

“Ini tidak, Shin Tae-yong menurut saya sangat soft untuk ukuran Korea,” pungkasnya.

x

Check Also

PSSI Bidik Kiper Sampdoria Untuk Dinaturalisasi, Begini Tanggapan Sang Ayah

Jakarta – Nama kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi, belakangan menjadi perbincangan di Tanah Air setelah ...