Home > Berita Liga Indonesia > Bek Bali United Berminat Jadi Pelatih Usai Pensiun

Bek Bali United Berminat Jadi Pelatih Usai Pensiun

Denpasar – Usia Leonard Tupamahu, sudah menapaki 37 tahun. Namun, performanya dalam mengawal lini belakang masih belum menunjukkan penurunan, sehingga masih dipercaya sebagai pilihan utama Bali United.

Leonard ikut mengantar Bali United dalam memenangkan gelar juara Liga 1 musim lalu. Dari 34 pertandingan yang dimainkan, ia tampil sebanyak 22 kali yang 19 di antaranya sebagai starter.

Mantan punggawa Borneo FC itu mengaku dalam beberapa tahun lagi akan pensiun. Hanya saja, ia menegaskan profesinya tidak akan jauh dari lapangan sepakbola yang sudah membesarkan namanya.

“Ya mungkin saja jika Tuhan mengijinkan saya bermain sampai usia 50 tahun. Tapi target pribadi saya sampai usia 40 tahun. Saya jalani jika masih diberikan kesehatan dan kekuatan. Jika pensiun dari sepak bola ingin melanjutkan karier pelatih dan mimpi saya ingin menjadi pelatih Timnas Indonesia,” ucap Leonard dikutip laman resmi klub.

Demi mewujudkan rencananya, Leonard menuturkan bakal mengambil kursus lanjutan kepelatihan. Sejak tiga tahun lalu, sebetulnya ia telah mengantongi lisensi pelatih C.

“Saya sebenarnya sudah punya Lisensi C dari tahun 2017. Pada waktu itu coach Ricky Nelson yang sarankan saya ambil . . . . . . saat masih menjadi bagian tim Borneo FC. Lisensi B juga sudah diminta untuk ambil lagi, tapi karena padatnya kompetisi dan situasi saat ini, jadi saya tunda dulu. Saya memang sudah punya rencana, sebelum pensiun jadi pemain bola saya sudah punya pegangan Lisensi Kepelatihan B atau A,” ujarnya.

“Lisensi C ke Lisensi B minimal 2 tahun baru bisa melanjutkan lagi kursus kepelatihan tersebut. Lisensi B ke A juga ada waktu jeda sekitar 2 tahun dan sudah menangani tim. Lisensi A Pro juga ada jeda waktu dan sudah menangani sebuah tim. Biasanya sudah menjadi asisten pelatih atau pelatih kepala dalam sebuah tim Profesional,” ia menambahkan. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Seri 3 BRI Liga 1 2021/22 Batal Digelar di Jawa Timur

Jakarta – PT Liga Indonesa Baru (LIB) selaku operator kompetisi sepak bola di Indonesia memastikan ...