Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > Barcelona Masih Mampu Datangkan Pemain Mahal Asal Mau Potong Gaji

Barcelona Masih Mampu Datangkan Pemain Mahal Asal Mau Potong Gaji

Pandemi COVID-19 jelas menghantam nyaris semua klub di dunia dilihat dari sisi ekonomi. Pemasukan klub berkurang karena jumlah pertandingan dikurangi dan tidak boleh mendatangkan penonton serta pastinya ada pula penurunan dari segi penjualan merchandise. Kondisi ini disinyalir akan mempengaruhi pergerakan klub di bursa transfer. Klub-klub akan bertindak hati-hati dalam bermanuver, mungkin tidak lagi belanja jorjoran merekrut pemain-pemain mahal.

Dalam tiga musim terakhir, klub raksasa Liga Spanyol, Barcelona, sudah mulai ikut tren merekrut pemain dengan harga 9 digit alias melampaui 100 juta euro di bursa transfer. Philippe Coutinho (145 juta euro), Ousmane Dembele (138), dan Antoine Griezmann (120) semuanya dibeli dengan harga 9 digit.
Menyusul pandemi COVID-19, apakah Barcelona akan mulai berhemat dan berhenti membeli pemain yang menembus 100 juta euro?

Jawaban tidak kalau menurut Presiden Josep Maria Bartomeu dalam wawancaranya dengan Barca TV pada Selasa (18/8/2020) malam waktu setempat. Menurut Bartomeu, Barcelona masih sanggup mengeksekusi belanja 100 juta euro.

“Saya pikir ini bukan akhir dari tren belanja 100 juta euro. Dalam jangka waktu pendek mungkin benar karena tidak ada yang tahu bagaimana situasi ke depan nanti,” kata Bartomeu.

“Tapi, sepak bola adalah sektor yang berkembang dan akan menjadi salah satu yang paling dulu pulih . . . . . . setelah pandemi berlalu.”

Tapi, Bartomeu mengakui kalau kondisi keuangan Barcelona memang terganggu karena pandemi. Oleh karena itu, kalau Barcelona mau mengeksekusi perekrutan 100 juta euro, harus ada pengorbanan yang perlu dilakukan. Menurut Bartomeu pengorbanan itu adalah pengurangan gaji pemain-pemain yang ada di skuad Barcelona sekarang.

“Barcelona masih punya uang, tapi ada masalah soal gaji. Kami akan kehilangan 300 juta euro dari pendapatan klub. Kami akan meminta pemain untuk beradaptasi dengan situasi baru ini.”

“Barcelona punya masalah soal batasan gaji. Artinya, kami harus mengurangi gaji tim secara massal untuk bisa mendatangkan pemain baru.”

Bartomeu memastikan Barcelona akan bergerak mencari pemain baru setelah berbicara dengan Ronald Koeman sebagai pelatih anyar pengganti Quique Setien.

“Kami akan mulai bekerja setelah pelatih menandatangani kontrak. Pemain baru akan datang, tapi tergantung pada batasan gaji tadi.”

x

Check Also

Barcelona Berhasil Menang Dari Villarreal, Xavi : Kami Kembali Ke Jalur Yang Tepat !

Barcelona – Kemenangan Barcelona atas Villarreal 3-1 dalam laga dini hari tadi yang berlangsung di ...