Home > Berita Liga Indonesia > Arema FC > AFC Gelar Poling, Persija Jadi Klub Paling Populer

AFC Gelar Poling, Persija Jadi Klub Paling Populer

Persija Jakarta terpilih menjadi klub paling populer di Indonesia berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan konfederasi sepakbola Asia (AFC) selama satu pekan di laman resminya. Jajak pendapat itu diadakan AFC sejak 8 Agustus. Sedikitnya 160.075 fans mengikuti jajak pendapat untuk memilih lima klub Indonesia yang ditentukan oleh AFC, yaitu Persija, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Arema FC, dan Persipura Jayapura.

Berdasarkan hasil jajak pendapat yang berakhir hari ini, Persija memperoleh 38 persen suara. Sedangkan Persib berada di peringkat kedua dengan raihan suara sebanyak 31 persen. Persebaya menguntit di peringkat tiga dengan 16 persen suara. Sedangkan Arema berada di posisi keempat setelah dipilih oleh 12 persen pemilih. Sementara Persipura di tempat terakhir dengan tiga persen suara.

AFC memilih lima klub itu berdasarkan kesuksesan yang diraih dalam era milenium. Induk organisasi sepakbola ini juga memaparkan pendapat mengenai torehan yang diperoleh kelima klub. AFC menyebutkan, gairah terhadap sepakbola yang diperlihatkan publik di Indonesia tidak banyak ditemui di belahan negara lain. Stadion selalu dipenuhi suporter untuk mendukung tim kesayangannya.

Dalam pendapatnya, AFC mengatakan Persija merupakan salah satu klub besar dan populer di Asia Tenggara. Suporter mereka sering memadati stadion untuk menciptakan atmosfer yang jarang ditemukan di belahan dunia lain. Sedangkan Persib yang mempunyai rivalitas tinggi dengan Persija membuat pertemuan kedua tim sering disebut sebagai derby Indonesia. Sejak era milenium, Persib menggondol tujuh . . . . . . gelar juara.

Pertengahan 90-an menjadi era paling sukses bagi Maung Bandung. Terakhir kali Persib mencicipi gelar juara adalah pada 2014. Persebaya, yang menjadi rival utama Arema, menempati peringkat keempat dalam daftar raihan enam gelar juara, dan tampil sebagai runner-up sebanyak sepuluh kali. Persebaya adalah salah satu tim tua di Indonesia, dan terakhir kali merasakan gelar juara pada 2004.

Di lain sisi, Arema tidak mempunyai sejarah panjang seperti halnya Persija dan Persib, tapi menikmati berbagai kesuksesan sejak dibentuk pada akhir 1980-an. Arema menjadi juara dua kali, tampil sebagai kampiun Piala Indonesia dan turnamen Piala Presiden. Torehan itu membuat Arema menjadi salah satu klub besar di Indonesia.

Sementara AFC menilai Persipura sebagai klub paling sukses di Indonesia sejak era milenium. Persipura tampil menjadi juara empat kali dalam satu dekade sejak 2005. Mereka juga menempati posisi runner-up sebanyak tiga kali. Persipura menjadi satu-satunya klub Indonesia yang nyaris bermain di babak final kompetisi Asia.

x

Check Also

Presiden FIFA Sebut Vietnam Punya Kans Main di Piala Dunia, Kok Bisa?

Jakarta – Presiden FIFA Gianni Infantino secara mengejutkan menyebutkan bahwa Vietnam memiliki kans untuk bermain ...