Home > Berita Bola > Ada Pemain Titipan di Timnas Indonesia ? PSSI Buka Suara

Ada Pemain Titipan di Timnas Indonesia ? PSSI Buka Suara

Bagi setiap pesepak bola, membela tim nasional (timnas) menjadi suatu harapan terbesar. Tidak terkecual para pemain di pelosok negeri yang juga bermimpi untuk membela timnas Indonesia. Untuk mewujudkan impian itu, banyak pemain terpaksa mengorbankan diri untuk berjuang menembus skuad Garuda.

Walau begitu, ternyata masih ada pemain yang mencoba mencari cara pintas untuk bisa masuk ke skuad timnas Indonesia. Praktik “pemain titipan” itu diakui secara langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu membeberkan pernah ada pemain keturunan Indonesia yang telah menghubunginya secara langsung.

“Ada beberapa yang titip ke saya juga tetapi saya tidak akomodir karena itu semua dari pelatih yang menentukan,” kata Iwan.

Iriawan menegaskan kalau pemilihan pemain di skuad timnas sepenuhnya wewenang sang pelatiih, Shin Tae-yong. Baginya, pelatih asal Korea Selatan itu berhak menentukan pemain yang dipanggil untuk mengikuti kegiatan bersama timnas. Lebih lanjut, pria berusia 58 tahun itu menjelaskan kalau PSSI hanya bertugas menyediakan data para pemain.

“Nanti Shin Tae-yong yang akan menentukan karena semua saya serahkan . . . . . . ke dia,” kata Iriawan.

Belakangan ini, timnas Indonesia memang sering dihubungkan dengan perekrutan pemain asing yang memiliki darah keturunan. Walau begitu, Shin Tae-yong sejauh ini hanya memanggil satu pemain keturunan di timnas U-19 Indonesia. Sosok yang dimaksud adalah pemain Ipswich Town, Elkan Baggott. Pemanggilan Elkan Baggot itu untuk diikutkan pemusatan latihan (TC).

Agenda itu sendiri dilaksanakan sebagai persiapan menuju dua turnamen besar yang sudah dinanti timnas U-19 Indonesia. Kedua turnamen itu adalah Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung di Uzbekistan pada Oktober mendatang. Selain itu, skuad Garuda Nusantara juga akan disiapkan untuk terjun pada Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

x

Check Also

Antara Lionel Messi Dan Cristiano Ronaldo, Ini Pemain Terbaik Dunia Versi Sergio Ramos

Paris – Sergio Ramos pernah merasakan menjadi rekan satu tim Cristiano Ronaldo saat masih sama-sama ...